Sarana dan Prasarana PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 24
JelekBagus 
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 09 Agustus 2008 16:46

1.

Perdagangan

Jumlah Pasar di Kabupaten Banjarnegara tercatat 23 yang terdiri dari Pasar Umum 20, Pasar Hewan 2 dan Pasar Buah 1.

2.

Koperasi

Koperasi memegang peranan penting dalam perekonomian kerakyatan khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Jumlah Koperasi di Kabupaten Banjarnegara tercatat 293 Koperasi. Jenis Koperasi terbanyak yaitu Koperasi Untuk lebih menggerakkan kehidupan berkoperasi bantuan modal dari pemerintah sangat dibutuhkan terutama dari kredit BUMN.

3.

Pendidikan dan Kebudayaan

Banyaknya Sekolah di Kabupaten Banjarnegara dari TK sampai dengan SLTA sebanyak 1.370 sekolah. Sektor pendidikan sangat diperhatikan mengingat pentingnya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang handal, dan diharapkan dapat membangun daerahnya.

4.

Kesehatan dan KB

Sarana dan Prasarana sangat dibutuhkan sebagai upaya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam peranannya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.
Di Kabupaten Banjarnegara tempat pelayanan kesehatan tersebar merata di seluruh Kecamatan, baik itu Puskesmas, Pos Obat Desa, Pondok Bersalin (Polindes) dan Posyandu.

5.

Panjang Jalan

Panjang jalan Kabupaten tercatat sepanjang 710,747 Km2. pembangunan sarana jembatan dan jalan terus diupayakan untuk memperlancar transportasi warga.

6.

Angkutan Darat

Kendaraaan bermotor merupakan sarana transportasi yang penting di Kabupaten Banjarnegara seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat. Jumlah kendaraan bermotor meningkat dari tahun ke tahun baik itu kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

7.

Pos

Sarana perhubungan dan komunikasi khususnya jasa Pos sangat diperlukan untuk segala jenis kegiatan. Pembangunan sarana kantor Pos di upayakan di tiap kecamatan.

8.

Hotel dan Pariwisata

Jumlah Hotel di Kabupaten Banjarnegara sebanyak 9 yang semuanya merupakan Hotel Non Bintang. Lokasi hotel berada di kecamatan kota yaitu Kecamatan Banjarnegara.

 

Sumber : DINAS INDAGKOP, DIKNAS, DISKES, DPU, DISHUPAR Banjarnegara

 

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 03 Maret 2010 02:51
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here