Potensi Industri

Industri rumah tangga yang bisa masuk pada industri  kecil andalan Kabupaten Banjarnegara, tersebar dibeberapa daerah baik di dalam kota maupun luar kota Kabupaten Banjaranegara, diantaranya adalah :

BATIK GUMELEM

Desa Gumelem Kecamatan Susukan merupakan pusat kerajinan batik tradisional yang sampai saat ini sudah ada 56 pengrajin. Meskipun kegiatan tersebut saat ini masih merupakan pekerjaan  sambilan



bagi ibu rumah tangga, namun hasilnya banyak diminati oleh masyarakat dan menjadi salah satu produk unggulan sektor industri rumah tangga. Corak hasil kerajinan batik tulis tersebut sangat beragam, ada yang diberi nama batik Seruling Mas, Cendol Salak, Cendol Wutah, Dawet Ayu, Salak Tanjung, dan Candi Kusuma. Karena kurangnya modal dan jumlah tenaga kerja, maka jumlah hasil produksi masih sangat terbatas sehingga belum dapat memenuhi permintaan pembeli.

Dengan dibudayakannya pemakaian batik sebagai seragam maupun pakaian untuk menghadiri acara-acara formal, maka semakin besar peluang pemasaran batik Gumelem. Hasil dari batik Gumelem berupa kain batik sebagai bahan membuat pakaian, baju-baju yang sudah didesain agar kelihatan lebih menarik, serta asesoris lainnya yang terbuat dari batik.

Untuk berkembang menuju  usaha batik profesional dibutuhkan adanya penambahan modal, peningkatan ketrampilan tenaga kerja dan upaya promosi. Selama ini upaya promosi dan pemasaran dilakukan melalui pameran-pameran baik yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun swasta.

UKM Pengrajin Batik Gumelem

Banjarnegara antara lain:

NO

KECAMATAN

DESA

NAMA KELOMPOK

1.

Susukan

Susukan

Prana Mukti

2.

Susukan

Gumelem Wetan

Giat Usaha

3.

Susukan

Gumelem Wetan

Setya Usaha

4.

Susukan

Gumelem Wetan

Nova Batik

5.

Susukan

Gumelem Kulon

Amorista

6.

Susukan

Gumelem Kulon

Mekar Sari

7.

Susukan

Gumelem Kulon

Tunjung Biru

8.

Susukan

Gumelem Kulon

Al-Hikmah

9.

Susukan

Panerusan Wetan

Wardah

10.

Susukan

Panerusan Wetan

Mirah

11.

Mandiraja

Kertayasa

Guyub Rukun

KONTAK PERSON

TUNJUNG BIRU


Produk

:

Batik tulis, kain jarit, bahan pakaian, dll

Alamat

:

Ds. Gumelem Wetan Kec. Susukan Banjarnegara

HP

:

08122767981

Contact Person

:

Suryanto

Kelompok MEKAR SARI

Produk

:

Batik tulis, bahan pakaian, kain jarit, dll

Alamat

:

Ds. Gumelem Kulon Kec. Susukan Banjarnegara

Contact Person

:

Ny. Sartinem




KERAMIK

Kerajinan keramik di Kabupaten Banjarnegara mempunyai nilai seni tinggi dengan hiasan yang memadukan unsur-unsur tradisional dan modern dengan daya tarik yang khas sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini.

PENGERTIAN istilah "keramik" dalam buku "Dictionary of Art" tulisan Bernard. S. Myers (1969), dikatakan berasal dari bahasa Yunani kuno keramos yang berarti tanah liat. Ditelusuri lebih jauh, sebenarnya kata keramos itu adalah nama salah satu Dewa Yunani. "Encyclopedia of The Art" menjelaskan bahwa dalam mitologi Yunani, Keramos merupakan dewa pelindung dari para pembuat kerajinan tanah liat atau keramik. Keramos adalah putra dari Dewa Baccus dan Dewi Ariadne. Dalam hal ini, gerabah termasuk dalam pengertian keramik jenis bakaran rendah (di bawah suhu 1000øC, sekitar 350ø-500øC) disebut juga earthenware atau aardewerk atau terracotta, dimana struktur dan teksturnya sangat rapuh, kasar, berpori-pori dan merupakan kualitas paling rendah.

Bambang Prasetyo, K. dalam bukunya “Keramik Sebagai Media Ekspresi” (1974:2), mengemukakan keramik adalah segala benda hasil pembentukan, pengeringan, kemudian pembakaran dari lempung, sehingga sifatnya yang semula lunak dan plastis berubah menjadi keras, sedangkan menurut Mashudi dalam bukunya “Potensi Sentra Keramik Plered-Purwakarta” (1986:1), keramik adalah barang-barang yang sudah dibuat dari tanah liat yang bermutu baik dan sudah menjalani proses pembentukan dan pengglasiran serta dibakar dengan suhu tinggi.

Kabupaten Banjarnegara terkenal dengan hasil kerajinan keramik. Sentra kerajinan keramik Banjarnegara terletak di desa Klampok kecamatan Purwareja Klampok, sekitar 30 km dari ibukota Banjarnegara ke arah barat menuju Purbalingga, Banyumas, dan Purwokerto. Hasil kerajinan keramik dari Kabupaten Banjarnegara diantaranya: guci, vas, tempat payung, patung binatang, souvenir, dan lain sebagainya. Dari berbagai macam hasil kerajinan keramik tersebut, dapat dihasilkan dari beberapa teknik pembuatan keramik, diantaranya adalah keramik glazur, keramik terracotta, dan keramik cat.

Jenis-jenis keramik yang diproduksi antara lain :

Keramik Glazur
Keramik glazur adalah jenis keramik yang paling banyak di pasaran untuk aplikasi lantai, dinding, maupun kerajinan keramik hias. Lapisan glazur di aplikasikan dengan temperature tinggi sehingga menyatu dengan badan keramik. Lapisan ini lah yang membuat motif desain dan tekstur keramik. Lapisan glazur membuat keramik tahan air, tahan api dan mudah dibersihkan karena sangat padat dan tidak berpori.





Keramik Terracotta

Keramik Terracotta
Istilah terracotta atau terakota berasal dari akar kata terra-cotta (bahasa Itali) yaitu produk dari pembakaran tanah liat sehingga berwarna merah kecoklatan, kadang-kadang dilapisi kilap dan berwarna. Dengan kata lain, keramik terracotta adalah keramik hasil dari pembakaran tanah liat dengan warna hasilnya merah bata (warna tanah liat dibakar).

Keramik Cat


Keramik cat adalah teknik pembuatan keramik dengan melapisi hasil kerajinan gerabah dengan cat dan biasanya hasilnya tidak begitu mengkilap seperti hasil kerajinan tanah liat yang dilapisi dengan glazur.








Lokasi : Desa Purworejo Klampok Banjarnegara,30 KM arah barat Ibu kota Kabupaten Banjarnegara

Spesifikasi Produk : Terbuat dari tanah liat melalui proses pembakaran
Dikerjakan Dengan Tangan (Hand mide)
Mempunyai sentuhan seni

Faktor pendukung :

Kerajinan keramik Banjarnegara dapat bertahan sampai saat ini karena adanya ketersediaan bahan baku yang memadai, yaitu tanah liat yang berkualitas baik, sehingga mempunyai keunggulan kompetitif. Selain ketersediaan bahan baku, didukung pula dengan sumber daya manusia. Keahlian pengolahan keramik Banjarnegara didapat oleh masyarakat di sentra industri keramik Klampok dari warisan nenek moyang secara turun-temurun. Sarana dan prasarana dari tempat sumber bahan baku hingga tempat pengolahan juga sudah cukup baik. Dengan bertambahnya penduduk, maka hasil kerajinan keramik akan terserap oleh pasar. Namun perlu diperhatikan juga selera pasar yang terus berubah-ubah, maka pengrajin dituntut untuk mampu meningkatkan daya kreativitas mereka yang ditunjukkan pada hasil karya keramik yang dibuatnya.

KERAJINAN KAYU

Jenis produk


:

Bentuk pegangan, bentuk bulat/bubutan

Lokasi

:

Desa Medayu, Kecamatan Wanadadi, dan Desa Peseh, Kecamatan Banjarmangu

Spesifikasi Produk

:

Terbuat dari kayu keras
Dikerjakan dengan mesin/tangan(Hand mide)
Untuk Tempat menaruh Guci Air minum Kebutuhan Rumah Tangga, Restoran, Kantor

Faktor pendukung

:

Potensi bahan baku kayu tersedia
Teknologi sangat sederhana
Daya serap pasar sangat besar

Kerajinan Bambu

Jenis produk


:

Kerajinan bambu merupakan salah satu hasil kerajinan tangan yang dihasilkan oleh para pengrajin bambu di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Kerajinan bambu yang dihasilkan para pengrajin bambu di Kabupaten Banjarnegara antara lain adalah tempat nasi (bakul nasi), nampan, tempat koran, penyekat ruangan, tampah, tudung saji, sapu, mebeler, tempat lampu hias, tempat sayuran, caping, topi, kaligrafi, anyaman hias, dan lain sebagainya.
Sentra kerajinan bambu di Kabupaten Banjarnegara terletak
di kecamatan Sigaluh dan kecamatan Mandiraja.

Aktivitas masyarakat Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja, dan beberapa desa di Kecamatan Rakit dan Sigaluh adalah membuat kerajinan bambu  berupa alat-alat rumah tangga misalnya tempat sayur, caping, tempat nasi, tempat koran tudung saji, topi, kap lampu dan lain-lain.Walaupun pekerjaan ini merupakan pekerjaan sambilan dari pekerjaan pokoknya sebagai petani/buruh namun bisa menciptakan karya yang termasuk salah satu 

produk unggulan daerah.Kendala yang dihadapi pengrajin adalah kurangnya permodalan untuk mencukupi kebutuhan pesanan.

Lokasi

:

Desa Kertayasa,KebanaranKec. Mandiraja,Kec.Rakit,Kec.sigaluh.

Spesifikasi Produk

:

Terbuat dari bambu Dikerjakan dengan tangan Ketrampilan dasar untuk membuat kerajinan bambu ada.




Pengrajin Bambu Banjarnegara

UD. MEKAR CAHAYA
Produk:Topi bambu
Alamat:Ds. Randegan Kec. Sigaluh Banjarnegara
Contact Person:Wagiman

IBNU UMAR KALIGRAFI
Produk:Kaligrafi bambu
Alamat:Ds. Sokaraja Kec. Pagentan Banjarnegara
Contact Person:Ibnu Umar

UD. MEKAR JAYA
Produk:Kerajinan bambu, tudung saji, tempat koran, nampan, dll  
Alamat:Ds. Kertayasa Kec. Mandiraja Banjarnegara
HP:081327011556
Contact Person:Drs. Sunaryo

Tatah Sungging

Jenis produk


:

Kerajinan Wayang

Lokasi

:

Mandiraja, Susukan

Spesifikasi Produk

:

Terbuat dari Kulit Domba Dikerjakan dengan tangan
Motif Wayang Banyumasan

Sapu Shorghum.

Sapu Shorghum adalah sapu lantai dengan kualitas export yang dihasilkan oleh pengrajin dari Kecamatan Pandanarum. Industri rumah tangga ini sudah bisa memenuhi permintaan dari PT FREE PORT Indonesia di Provinsi Papua untuk di export ke Negara Jepang. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan bahan baku sapu shorghum.

Kerajinan Bordir.

Kerajinan bordir saat ini semakin pesat perkembangannya, produk yang dihasilkanpun semakin bervariasi antara lain berupa busana muslim, baju koko,sepreai, sarung bantal, taplak meja, atribut, topi, kaligrafi Al Quran dll. Di Kabupaten Banjarnegara jumlah unit usaha  kerajinan bordir sebanyak 18 unit dengan menyerap tenaga kerja 196 orang dengan kapasitas produksi 216.000 potong/tahun. Yang diharapkan pengusaha bordir saat ini adalah penambahan modal usaha untuk peningkatan ketrampilan tenaga kerja dan pengembangan pemasaran yang lebih luas.

Kerajinan dari bahan baku kerang.

Masyarakat di Kecamatan Susukan memproduksi kerajinan dengan bahan baku kulit kerang yang dibuat berbagai jenis barang dalam bentuk dan    Kerajinan yang mempunyai nilai seni  tinggi ini sangat diminati oleh masyarakat dan juga wisatawan sebagai souvenir.Pengrajin bambu tersebut masih merupakan pekerjaan sambilan untuk mengisi waktu luang bagi masyarakat yang kebanyakna sebagai petani/buruh. Untuk mengembangkan usaha kerajinan ini dibutuhkan tambahan  modal dari  pengusaha dan selanjutnya  bisa menampung hasil kerajinan tersebut


DAWET AYU

Dawet ayu merupakan minuman asli khas Banjarnegara. Saat ini dawet ayu Banjarnegara mudah ditemukan di berbagai kota. Perpaduan yang tepat antara cendol beraroma pandan, santan yang dipadu dengan gula aren dan durian merupakan cita rasa khas Dawet Ayu. Konon bagi yang meminumnya akan serasa sepuluh tahun lebih muda dan menjadi Ayu.

Jenis produk : Dawet Ayu


Lokasi : Se-Kabupaten Banjarnegara

Spesifikasi Produk : Terbuat dari Cendol Tepung beras,gula aren, gula Kelapa,santan
Kadang di kombinasi dengan nangka, cendol biasanya berwarna Hijau.

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here