Wed11222017

Last updateTue, 21 Nov 2017 12pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Olah Raga Genjot Prestasi Atlet, KONI Beri Pelatihan Bagi Para Pelatih

Genjot Prestasi Atlet, KONI Beri Pelatihan Bagi Para Pelatih

Porprov 2018 Ditarget Masuk 5 Besar Jateng
BANJARNEGARA-Untuk meningkatkan peran dan fungsinya dalam melakukan pembinaan olah raga prestasi serta dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas pelatih. KONI Banjarnegara mengadakan Pelatihan Progam Bagi Pelatih dan pelaku olah raga di Aula Sasana Bhakti Praja, Sabtu (3/12).

Ketua KONI Banjarnegara Oetomo pada kesempatan tersebut mengatakan pelatihan bagi pelatih tersebut diharapkan para pelatih bisa menyiapkan konsep untuk latihan sekaligus menyiapkan atlet yang akan dipersiapkan untuk perhelatan pekan olah raga Provinsi tahun 2018 mendatang.

“Saya berharap para pelatih lebih siap dan nyata dalam mempersiapkan atletnya nanti baik dari kesiapan program maupun kesiapan atletnya sehingga mampu berprestasi maksimal di Porprov nanti,” kata Oetomo saat membuka acara.

Setelah pelatihan ini nanti pelatih sudah harus mempersiapkan atletnya untuk memasuki palatkab tahap I, sehingga ada percepatan persiapan dan pelath juga diharapkan bisa lebih intens dan lebih jelas dalam mengakomodir atletnya dengan pembinaan yang jelas dan tepat.

“Pelatih nantinya juga harus lebih aplikatif dalam menerapkan ilmu kepelatihannya,” lanjut Oetomo.

Oetomo menambahkan target KONI Banjarnegara pada Porprov mendatang adalah berada di urutan ke 5 di Jawa Tengah. Target tersebut merupakan tugas yang berat. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menambah perbendaharaan medali, KONI meminta pengcab untuk lebih kreatif dalam menambah nomor cabang olah raga baru yang potensial.

Menurutnya upaya KONI tidak akan maksimal jika tidak ada dukungan dari pengkab olahraga dan semua pihak yang berkepentingan termasuk didalamnya pelatih, orang tua dan atlit itu sendiri.

“Jika komponen itu berjalan dengan baik dan saling mendukung maka apa yang diupayakan KONI tidak akan mendapatkan hasil yang signifikan,” lanjut Oetomo.

Sementara I Made Sriudy Mahardhika yang menjadi narasumber pada kesempatan tersebut mengatakan sasaran penting dalam pelatihan bagi pelatih tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi pelatih dan pelaku olah raga di Banjarnegara agar kualitas pelatihan dan peningkatan prestasi atlet lebih meningkat.

Menurutnya ada tiga elemen penting dalam pembinaan atlet yaitu bagaimana program latihan yang memungkinkan atlet bisa berpretasi.

Hal penting lainnya dalam upaya peningkatan prastasi atlet adalah dengan pemberian nutrisi atlet yang berimbang agar atlet terhindar dari cidera.

Selain Nutrisi atlet juga membutuhkan rest atau waktu istirahat, sehingga kebugaran atlet bisa terjaga baik diwaktu masih aktif sebagai atlet maupun sesudah pensiun menjadi atlet.

“Saat masih muda dan menjadi atlit sudah pasti akan mengalami masa latihan berat, namun sebagai pelatih harus jeli dan tidak lupa dengan asupan gizi, sehingga  atlet bisa tampil mencapai performance terbaiknya saat bertanding dan  saat pensiun menjadi atlit kebugaraannya tetap terjaga karena ada treatment yang tepat dari pelatih,” lanjut Made.

Sementara Sekretaris KONI Banjarnegara Agus Prasetya menambahkan, Pelatihan Progam Bagi Pelatih  dan pelaku olah raga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pola pikir pelatih dalam rangka meningkatkan prestasi atlit.

 “Melalui Pelatihan ini diharapkan pelatih bertambah wawasannya dalam pengelolaan atlitnya. Pelatihan melibatkan 100 peserta yang terdiri dari pelatih dari pengcab olah raga, guru olah raga serta pengurus KONI Banjarnegara,” kata Sekretaris KONI Banjarnegara Agus Prasetya (**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan