Thu12142017

Last updateThu, 14 Dec 2017 2pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Pemerintahan Meriah, Festival RebanaPiala Bupati Banjarnegara

Meriah, Festival RebanaPiala Bupati Banjarnegara

 

 

 

 

 

 

 

 

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo, (31/10) membuka festival rebana Piala Bupati di Aula Al-Munawaroh Banjarnegara, Pembukaan ditandai dengan pemukulan rebana sebagai tanda dimulainya festival.

 

 

 

Ketua Panitia Rahmanuddin mengatakan festival rabana piala bupati diikuti 36 regu dari 20 kecamatan di Banjarnegara. “sebenarnya masih banyak peserta yang berminat mengikuti festival ini, namun kaena keterbasan waktu kami terpaksa harus membatasinya,” kata Rahmanudiin.

 

Rahmanudin menambahkan festival Rebana diadakan sebagai salah satu upaya untuk melastarikan nilai nilai agaa melalui musik religius yang dituangkan dalam musik qosidah rebana. “Fastival ini juga dimaksudkan untuk menagkal pangaruh budaya asing dan musik asing yang sudah meulai membudaya di Indonesia, musik qosidah ini diharapkan bisa menangkal dominasi musik asing,” kata Rahmanudin.

 

Rahmanudin menambahkan kesenian bernafaskan Islam, sangat dominan untuk menangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa, maupun nilai keagamaan yang dapat berdampak negatif merusak moralitas generasi muda, untuk itu Festival Rebana perlu dilaksanakan.

 

Mudah mudahan pelaksaan festival rebana ini berjalan sukses sehingga kami bisa melaksanakannya kembali tahun depan,” lanjut Rahmanudin.

 

Dalam sambutannya Bupati Sutedjo menyampaikan seni budaya Islam memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat islam, oleh karenanya harus terus dikembangkan. Seniman-seniman muslim yang ada perlu lebih banyak berkreatifitas untuk terus mengembangkan berbagai jenis seni budaya yang bernafaskan islam yang sesuai dengan perkembangan jaman, namun tetap berpegangan pada nilai-niali ajaran islam

 

Saya memberikan apresiasi pada acara Festival Rebana ini yang melibatkan para pecinta musik religi yang ada di Banjarnegara, saya berharap Festival Rebana seperti ini menjadi ajang untu mensyiarkan agama Islam dan membendung budaya negative dari asing,” kata Bupati Sutedjo.

 

Bupati Sutedjo juga berharap dengan adanya festival rebana akan menarik generasi muda untuk menekuni musik religi yang sudah menjadi budaya di Indonesia.(**anhar)

 

 

 

 

 

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan