Mon09252017

Last updateFri, 22 Sep 2017 11am

Back You are here: Home Berita Pendidikan 64 SMP/MTs Siap Selenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer

64 SMP/MTs Siap Selenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer

BANJARNEGARA – Sebanyak 64 Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah di Banjarnegara siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Ajaran 2016/2017. Ke 64 sekolah tersebut tersebut merupakan gabungan sekolah yang berada di bawah kemendikbud dan kemenag, baik negeri maupun swasta.

“Enam Puluh Sekolah tersebut terdiri dari 51 SMP yang terdiri dari 30 SMP Negeri, 14 SMP Swasta, 5 SMP terbuka, 2 SMP Satap dan 13 Madrasah Tsanawiyah yang terdiri dari 3 MTs Negeri dan 10 MTs Swasta” kata Kepala Dindikpora Drs. Noor Tamami, M. Pd., Selasa (21/02) usai kegiatan Sosialisasi UNBK di aula lantai 3 Dindikpora.
Dari 64 sekolah tersebut, kata Noor, 5 sekolah melaksanakan UNBK secara mandiri. Empat sekolah yaitu SMP N 1 Banjarnegara, SMP N 2 Banjarnegara, SMP N 1 Bawang, dan SMP N 1 Purwareja Klampok pelaksanaannya dibantu APBD. Sedangkan untuk SMP N 2 Wanadadi pelaksanaan UNBK dengan biaya sendiri serta bersinergi dengan pihak lain.
“Sekolah lainnya melaksanakan UN menggunakan sarana UNBK milik SMK dan SMA” katanya.
Sedang untuk jumlah siswa SMP peserta UNBK, sambung Noor, ada 6023 siswa dari 9.146 siswa yang mengikuti UN tahun Ajaran 2016/2017. Sedangkan untuk MTs peserta UNBK berjumlah 1446 siswa dari 3584 siswa peserta UN. Jumlah ini masih ditambah peserta UN Paket B yang berjumlah 280 siswa dan siswa paket C yang berjumlah 593 siswa.
“Mereka yang tidak mengikuti UNBK akan mengikuti UN seperti biasanya. Atau yang dikenal dengan istilah Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil. Sehingga total peserta UN setingkat SMP dan MTs serta Paket A dan B adalah 13.585 siswa” katanya.
Pada intinya dalam menyelenggarakan UNBK maupun UNPK, pihak kami telah siap. Salah satu wujud dari kesiapan tersebut, kata Noor, pada hari ini dilaksanakan penandatangan integritas untuk mensukseskan penyelenggaraan UN dilakukan perwakilan SMP, MTs, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Sedikit hal yang masih mengkhawatirkan, kata Noor, barangkali masalah listrik. Sebab UNBK ini berbasis computer  dan online.
“Harapannya dengan kesepakatan ini semua sekolah mempersiapkan penyelenggaraan UNBK maupun UNPK dengan sebaik-baiknya. Baik siswa maupun sarana pendukungnya. Dan juga, semoga di hari penyelenggaraan UNBK nanti tidak ada pemadaman listrik. Sehingga nantinya meraih sukses penyelenggaraan dan sukses hasil” katanya.
Sekretaris Daerah Drs. Fahrudin Slamet Susiadi, MM, menyambut positif perkembangan dunia pendidikan di Banjarnegara. Hal ini mengingat semakin banyaknya jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK. Dia meyakini system UNBK ini jauh lebih baik daripada system UN konvensional. UNBK ini soalnya online. Antara teman satu dengan sebelahnya soalnya dibedakan. Praktis antar siswa tidak dapat saling mencontek. Sehingga hasil yang muncul nantinya benar-benar merupakan kemampuan siswa.
“Manfaat UNBK melatih siswa untuk jujur, hasilnya kredibel, dan diakui oleh masyarakat luas. Kita berharap tahun depan dapat menambah lagi sekolah yang dapat menyelenggarakan UNBK secara mandiri” katanya.
Kabid Sekmen, Drs. Aziz Purwanto, M. Pd., menambahkan pelaksanaan UN tahun 2017 untuk SMP/MTs akan diselenggarakan pada bulan Mei 2017. Agar penyelenggaraannya dapat terlaksana dengan baik, maka Dindikpora memandang perlu mengadakan kegiatan sosialisasi UN tahun 2016/2017. Pesertanya terdiri dari Anggota DPRD, Dewan Pendidikan, pejabat Kemenag yang membindangi pendidikan, Pengawas Sekolah Dindikpora, Kepala SMP/MTs Negeri dan Swasta se Kabupaten Banjarnegara, Ketua PKBM se Kabupaten, dan Panitia UN SMP/MTs/PK tahun 2017.
“Tujuan Sosialisasi adalah untuk menginformasikan kebijakan tentang UN dan membangun persamaan persepsi tentang Ujian Nasional, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah tahun Pelajaran 2016/2017” katanya. (**--eko br)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan