Mon09252017

Last updateFri, 22 Sep 2017 11am

Back You are here: Home Berita Pendidikan Guru Harus Tanamkan Budi Pekerti Luhur

Guru Harus Tanamkan Budi Pekerti Luhur

BANJARNEGARA – Guru berkewajiban untuk memberikan pendidikan karakter agar generasi muda memiliki budi pekerti luhur. Saat ini Fungsi guru tidak semata-mata membantu siswa meraih prestasi akademiknya atau membuat pelajar lihai menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu Anggoro juga menyebut keluarga adalah sekolah pertama anak belajar budi pekerti. Untuk itu Anggoro mengingatkan kepada orangtua untuk memberi contoh baik kepada mereka.

"Budi pekerti itu kan akhlak jadi harus ditumbuhkan. Sekolah punya kewajiban menumbuhkan budi pekerti dan berkarakter positif," kata Anggoro saat mengunjungi SMAN Banjarnegara belum lama ini.

Dia juga berharap guru bukan lagi hanya sebagai tenaga pengajar, tetapi tenaga pendidik. Itu kadang-kadang kita keliru. Kalau tenaga pendidik diterjemahkan dalam arti luas, maka akan membawa integritas anak didik lebih baik dan budi pekerti anak muncul,” jelasnya.

Anggoro juga menegaskan, reformasi pendidikan khususnya pendidikan karakter di setiap jenjang, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga sekolah menengah harus dibangun secara kokoh.

“Dengan pendidikan karakter yang kuat, siswa akan mampu menghormati orang-orang di sekitarnya, Utamanya orang tua dan sang guru,” tambahnya.

Lebih lanjut Anggoro juga berharap, guru agama benar-benar mengasah kompetensinya, Sehingga mereka mampu memperkuat budi pekerti bagi anak didiknya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Noor Tamami menambahkan, untuk memperkuat karakter guru dalam memberikan pendidikan karakter siswa, pihaknya juga sering menyampaikan kepada guru-guru MGMP pada setiap pertemuan.

“Kami selalu menekankan kepada guru mata pelajaran, terutama guru agama, bahasa dan guru lainnya agar bisa menanamkan pendidikan karakter bagi siswanya,” kata Noor Tamami.

Noor Tamami menambahkan, peran orang tua juga sangat vital dalam pembentukan karakter siswa atau anak. Untuk itu komunikasi antara orang tua dan guru juga perlu dilakukan agar ada kesamaan dalam pendidikan karakter siswa.

“Tidak hanya guru, orang tua juga harus berperan dalam pembentukan karakter siswa atau anak,” pungkasnya. (**anhar)

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan