Wed09192018

Last updateWed, 19 Sep 2018 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Pendidikan Medsos Jangan Hanya Buat Curhat

Medsos Jangan Hanya Buat Curhat

Rohis SMK HKTI 1 Dilantik

(BANJARNEGARA) – Pembina Rohani Islam (ROHIS) SMK HKTI 1 Purwareja Klampok, Zaenal Muttaqin, S.Sos.I meminta siswa menggunakan internet dengan baik. Termasuk yang sedang jadi tren zaman sekarang adalah media sosial (medsos). Seyogyanya medsos digunakan untuk menebar kebaikan.

"Punya akun medsos itu jangan hanya buat curhat. Harus digunakan untuk menebar kebaikan, berbagi energi positif. Kalau isinya curhat terus, tidak ada manfaatnya dan yang baca terpapar aura negatif," kata Zaenal, kemarin.

Hal itu disampaikan Zaenal usai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolahan setempat. Acara yang dihadiri sekitar 200 anak tersebut juga dirangkai dengan pelantikan Rohis SMK HKTI 1 yang baru atau reorganisasi.

"Anak-anak Rohis saya berharap bisa menjadi pelopor bermedsos yang manfaat," katanya

Untuk menambah wawasan, SMK HKTI 1 juga mengundang Pemimpin Redaksi Majalah At-Taujieh, Rujito S.Sos.I sebagai pembicara. Pria yang tinggal di Purwokerto tersebut membawa materi Maulid, Meneladani Nabi Muhammad SAW dan Bijak Berinternet.

"Orang tua zaman now, sering tidak paham bahwa anaknya menerima banyak 'tamu maya' dengan menggunakan gadget. Dan tidak bisa dikontrol langsung. Salah satu bahaya yang mengintai adalah paham radikalisme," kata lulusan IAIN Purwokerto tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Rujito juga sempat mengajak praktik jamaah Maulid Nabi menulis status whatsapp yang baik dan positif.

"Bismillahirohmanirrohim. Niat Ngaji Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga jadi perantara mendapat syafaat di hari akhir. Amin."katanya.

Dia juga menyampaikan data hasil riset Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII). Dimana, 51% penduduk Indonesia (sekitar 260 juta jiwa) sudah menggunakan internet. Artinya, internet, termasuk medsos di dalamnya sudah sedemikian penting mempengaruhi cara berfikir dan cara hidup orang Indonesia.

"Selama ini kita hanya menjadi obyek bukan subyek. Ayo gunakan facebook, youtube, whatsapp, instagram, twitter dan lainnya untuk menebar kebaikan, berbagi energi positif, jangan sebaliknya," katanya.

Kepala SMK HKTI 1, Nanang Kosim, S.Pd. menyambut baik reorganisasi dan Maulid Nabi yang diselenggarakan Rohis.

"Yang paling sederhana, siswa kami jadi memiliki pengalaman dan pengetahuan baru. Kami yakin, kelak akan bermanfaat dan bisa menjadi referensi baik ketika hidup di masyarakat," katanya. ***** (Sudin)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan