Wed08152018

Last updateWed, 15 Aug 2018 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Pendidikan Budayakan Hidup Sehat Melalui Germas

Budayakan Hidup Sehat Melalui Germas

Banjarnegara~Berbagai upaya promotif dan preventif dilakukan untuk mencegah tingginya kesakitan dan kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Penyakit Menular (PM). Keterlibatan aktif seluruh komponen baik dari pemerintah pusat dan daerah, swasta dan masyarakat diharapkan mendukung terhadap berbagai pencegahan terhadap penyakit tersebut.

“Untuk itu diperlukan sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat,” kata Wakil Bupati Syamsudin, saat Gebyar Budaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 2018 di SMA N 1 Wanadadi, Senin (30/7).
Melalui Germas kita mengedukasi masyarakat agar berperilaku hidup sehat dan memberikan tanggung jawab dalam menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungannya untuk hidup sehat, lanjutnya. “Sehat adalah milik kita, tidak pandang usia tua maupun muda.”
Wabup berpesan kepada masyarakat khususnya anak sekolah untuk membiasakan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari serta mengkonsumsi buah dan sayur.
“Jadikan Germas sebagai budaya untuk masyarakat Banjarnegara, sehingga Indeks Pembangunan Manusia tentang angka harapan hidup semakin tinggi,” ungkapnya
Kasi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Banjarnegara, Siti Haryati menyampaikan Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan untuk hidup sehat. Germas menjadi sebuah pilihan dan perlu digaungkan untuk derajat kehidupan masyarakat agar lebih baik.
Lebih lanjut Siti menjelaskan, Indonesia saat ini mengalami transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat PTM, seperti stroke, jantung dan diabetes.
“Meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya besar, selain itu menyebabkan hilangnya potensi dan modal sumber daya manusia sehingga menurunkan produktivitas yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi,” terangnya
Ahmad Junaidi Abdullah, Kepala Sekolah SMAN 1 Wanadadi mengatakan kebersihan adalah pangkal kesehatan. Dimulai dari sekolah kemudian diaplikasikan di rumah dan dilingkungannya masing-masing.
“Hari Ini siswa mendapatkan imu yang sangat bermanfaat tentang kesehatan. Semoga setelah ini akan ada perubahan di setiap diri siswa untuk membudayakan hidup sehat dimanapun berada,” ujarnya. (amar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan