Thu11152018

Last updateWed, 14 Nov 2018 10am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Pendidikan Guru Dibimbing Menulis Buku Pendidikan Ber-ISBN

Guru Dibimbing Menulis Buku Pendidikan Ber-ISBN

PGRI Kabupaten Banjarengara menyelenggarakan Diklat Penulisan Buku Pendidikan dan Pergelaran Karya Guru di Aula Yayasan Islam Al Munawaroh Banjarnegara. Diklat dilaksanakan selama dua hari, 7-8 September 2018 dan diikuti oleh 212 guru dari TK-SMA



Ketua Panitia Kegiatan, Imam Tejo Marwoto menyampaikan bahwa dalam Diklat ini peserta yang berprofesi sebagai guru akan dibekali  dan dibimbing tentang bagaimana menulis buku pendidikan yang ber ISBN (International Standard Book Number).

Peserta dianjurkan menulis buku pendidikan berdasarkan pengalamannya mengajar di sekolah, baik berupa  Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Best Practice maupun pengembangan alat peraga dan media pembelajaran.
“Guru bisa menuliskan cara terbaiknya saat mengajar siswa di sekolah atau ada yang memiliki pengalaman menggunakan alat peraga saat memberikan materi di kelas seperti cara membuat dan bagaimana menggunakannya,” terangnya

Karya yang sudah dibuat akan dimbing oleh APKS (Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis) PGRI Jateng. Naskah akan diedit, yang belum  sesuai ISBN akan dikawal samapai nanti layak mendapatkan ISBN, imbuhnya.

Harapannya, terdokumentasikan hasil penelitian dari para guru dan tenaga pendidikan, serta berimplikasi kepada peningkatan kualitas pembelajaran. “Nanti buku karya guru tersebut akan dipamerkan tanggal 24-25 November 2018 di Monumen Dr Sulistyo, Kali Tengah, Purwanegara, bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2018 dan HUT PGRI ke 73."

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin membuka kegiatan tersebut dan berpesan agar para peserta menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Diharapkan kompetensi guru semakin meningkat dan berdampak terhadap kemajuan bidang pendidikan di Banjarnegara.

Pada kesempatan ini Wabup juga menginginkan agar PGRI Banjarnegara sebagai organisasi profesi guru lebih solid dan mampu menjadi jawaban dalam menghadapi berbagai persoalan. “Guru harus profesional dan berintegritas,” tegasnya

Sebagai narasumber pada kegiatan Diklat menulis buku pendidikan, Ketua APKS PGRI Jawa Tengah, Drs. Agung Purwoko, M.Pd, Dr. Nur Zaida, M.Pd. Ketua LPP UPGRIS, Dr. Listyaning Sumardiyani, M.hum dan Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.Hum. (amar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan