Tue11132018

Last updateTue, 13 Nov 2018 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Pendidikan SMP 3 Klampok Bersiap Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

SMP 3 Klampok Bersiap Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

BANJARNEGARA – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara memberikan apresiasi pada program sekolah adiwiyata, karena program ini mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah secara partisipatif dalam pelestarian lingkungan hidup yang sehat dan terhindar dari dampak lingkungan yang tidak diinginkan. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banjarnegara, Drs. Noor Tamami M. Pd, saat memberikan pengarahan pada rapat persiapan penilaian atau Lomba Sekolah Adiwiyata tingkat nasional, di SMP Negeri 3 Purwareja Klampok, Jumat (7/9/2018). 

“Kami sangat mendukung sekolah adiwiyata, karena Banjarnegara memiliki wilayah yang sangat potensial untuk mendukung gerakan pelestarian lingkungan seperti program sekolah adiwiyata yang sangat positif ini.” katanya.

Menurut Noor Tamami, hakikat sekolah, selain berkewajiban mencerdaskan anak bangsa, adalah sebagai wahana agar siswa memiliki kepekaan yang tinggi terhadap situasi lingkungan.

“Kewajiban sekolah tak cukup hanya membuat anak cerdas dan pintar, tapi mendidik siswa agar punya kepedulian. Bahkan kepedulian itu bukan hanya untuk lingkungan sekolahnya, tapi lingkungan di sekitar sekolahnya” imbuh Tamami.

Kepala SMP Negeri 3 Purwareja Klampok, Dra Etty Winarti menuturkan sekolahnya terpilih untuk mengikuti penilaian atau lomba sekolah adiwiyata tingkat nasional. Dalam rangka menyongsong penilaian lomba bergengsi tersebut, seluruh warga sekolah tengah bersiap diri dengan mengoptimalkan berbagai potensi yang ada.

“Sekolah kami sedang menggalakkan kerja bakti sekolah, penghijauan serta penanganan bank sampah. Kami juga merutinkan senam sehat, olah raga, serta makan buah bersama,” kata Etty.

Kerja bakti dilakukan selama 40 menit setiap Jumat, dilanjutkan senam, olah raga dan makan buah bersama, yang merupakan anjuran dari Puskesmas melalui program Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas. Olah raga yang sudah rutin dijalankan antara lain : tenis lapangan, tenis meja, catur, dan volley.

“Alhamdulillah, selain dukungan dari seluruh warga sekolah, komite dan orang tua, Pemkab melalui dinas serta Kepolisian dan Kodim juga sangat mendukung,” ujar Etty. “Dari Kodim melalui Koramil Klampok rutin melatih kedisiplinan, juga pencukuran rambut siswa laki-laki yang tidak sesuai aturan sekolah.”

SMP Negeri 3 Purwareja Klampok berhasil mewakili Banjarnegara dalam penilaian sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2018 untuk kategori SMP. Untuk kategori SD diwakili oleh SD N 4 Sokanandi. Selain sekolah adiwiyata, SMP Negeri 3 Purwareja Klampok juga mengukir prestasi dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) sebagai juara 3 tingkat karesidenan.

Saat ini predikat sekolah adiwiyata nasional telah diraih oleh SMP N 2 (Esphero) Banjarnegara, dan bersiap sebagai sekolah adiwiyata mandiri. (Muji P).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan