Sun09242017

Last updateFri, 22 Sep 2017 11am

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya

umum

Bupati Terus Pantau Perkembangan Aktivitas Kawah Sileri

BANJARNEGARA- Usai mengadakan rapat membahas perkembangan aktivitas kawah Sileri di Pendopo Dipayudha pada Rabu malam kemarin, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kembali meninjau Desa Kepakisan untuk memastikan langsung kondisi dan perkembangan aktivitas kawah sileri.

Read more: Bupati Terus Pantau Perkembangan Aktivitas Kawah Sileri

Cegah Pernikahan Dini, DPPKBP3A Gelar Jambore PIK Remaja

(BANJARNEGARA) – Tingginya angka pernikahan dini di Banjarnegara menjadi perhatian yang serius bagi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.  Sampai dengan bulan Juli 2017 perempuan yang menikah dibawah 20 tahun sebanyak 27,10 % dari seluruh pernikahan di Kabupaten Banjarnegara. Hal ini yang mendasari DPPKBP3A menggelar Jambore Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja beberapa waktu lalu. Kegiatan yang dipusatkan di Desa Karanggondang Kecamatan Karangkobar ini diikuti oleh sebanyak 130 peserta, terdiri dari 70 orang PIK Remaja, 40 orang Saka Kencana dan 20 orang Forum Anak.

Read more: Cegah Pernikahan Dini, DPPKBP3A Gelar Jambore PIK Remaja

Rampag Bedug Awali Pergantian Tahun Baru Islam

Banjarnegara~Detik-detik pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H diperingati dengan berbagai kegiatan, PHBI dan PPU Banjarnegara mengawalinya dengan Rampak Bedug yang digelar di halaman Masjid At Taqwa Gayam, Rabu sore (20/9).
Ketua Panitia Pengajian Umum, Budiyanto, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah merupakan bagian dari syiar islam.

Read more: Rampag Bedug Awali Pergantian Tahun Baru Islam

KPU Banjarnegara Launching Rumah Pintar Pemilu Gilar-Gilar

Banjarnegara~KPU Banjarnegara membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberi nama RPP Gilar-Gilar, diresmikan di Gedung KPU Banjarnegara, Rabu (20/9). Ketua KPU Banjarnegara ,Gugus Risdaryanto mengatakan, dengan adanya RPP Gilar-Gilar ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada berjalan, sehingga memberi wawasan tentang kepemiluan di Kabupaten Banjarnegara.

Read more: KPU Banjarnegara Launching Rumah Pintar Pemilu Gilar-Gilar

Hibah Bansos Periode Juli - September 2017

Daftar Penerima Hibah Bansos Periode Bulan Juli s.d September 2017 selengkapnya silahkan klik link ini file.pdf

Angka Kemiskinan di Banjarnegara Menurun

BANJARNEGARA- Meski masih tergolong tinggi, namun angka kemiskinan di Banjarnegara mulai berkurang. Jika pada tahun sebelumnya angka kemiskinan masih dikisaran 18,37 persen, perlahan jumah tersebut mulai berkurang, seiring dengan mulai efektifnya Program Penanggulangan Kemiskinan Daerah tahun 2017 di Banjarnegara.

“Sebelumnnya angka kemiskinan masih pada angka 18,37  persen, namun kini sudah mulai berkurang menjadi 17,46 persen,“ kata Kepala Badan Perencana Penelitian dan Pengembangan Banjarnegara Mulyanto kemarin.

Menurunnya jumlah tersebut karena instruksi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang berkomitmen serius terhadap penanggulangan kemiskinan di Banjarnegara.

“Keseriusan Bupati dalam rangka mengurangi angka kemiskinan sering disampaikannya pada rapat-rapat yang membahas program penanggulangan kemiskinan di Banjarnegara,”lanjutnya.

Lebih lanjut Mulyanto menambahkan, beberapa waktu lalu sempat muncul isu keterlambatan penanganan kemiskinan di Banjarnegara yang menimpa keluarga Hafidin di Desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan.

Mulyanto menjelaskan, jika melihat realita yang ada, masih banyak permasalahan sama seperti yang dialami Hafidin, namun berdasarkan data yang ada dari Dinas sosial, hampir semua KK miskin di Banjarnegara sudah mendapatkan pendampingan, hanya saja belum bisa seratus persen terentaskan, termasuk keluarga Hafidin yang sebenarnya juga sudah mendapatkan berbagai pendampingan.

“Kita butuh proses, karena penanganan kemiskinan tidak bisa dilakukan secara instan, tidak hanya di Banjarnegara namun isu sulitnya penanganan kemiskinan sudah menjadi permasalahan nasional yang membutuhkan penangananan serius,” tambahnya.

Tahun 2017 program penanggulangan kemiskinan menganggarkan Rp. 51,4 Milliar yang bersumber dari dana APBN, APBD Propinsi, APBD Kabupaten,ADD, BAZ dan CSR perusahaan.

“Dari dana tersebut diantaranya untuk penanganan RTLH sebanyak 4.969 unit rumah,” katanya.

Terpisah, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menekankan secara khusus penanganan masalah kemiskinan dan infrastruktur kepada OPD yang mengampu program Pengentasan Kemiskinan di Banjarnegara agar kedua masalah tersebut ditangani serius dan sungguh-sungguh.

Bupati Budhi juga meminta kepada OPD terkait untuk segera berlari sekencang-kencangnya dan mengerahkan segala daya upaya dalam menangani permasalahan pembangunan, khususnya dua permasalahan tersebut.

“Semua OPD yang terlibat disini harus berani “Ngeroyok pekerjaan Pengentasan Kemiskinan”, karena kemiskinan tidak di kerjakan oleh satu bidang saja namun melibatkan beberapa bidang,” kata Budhi

Bupati juga meminta agar anggaran pengentasan kemiskinan tepat sasaran. Dia juga meminta agar setiap kali rapat kemiskinan, Kepala Dinas atau Kantor harus hadir, dan jika terpaksa tidak bisa hadir mewakilkan kepala bidang yang menguasai data tentang pengentasan kemiskinan.

“Ayolah kita kerja untuk rakyat, jangan sepelekan dan bermain-main dengan pekerjaan yang bersentuhan dengan masyarakat, apalagi masyarakat miskin yang menantikan sentuhan kita,” tegasnya.

Budhi juga menegaskan kepada OPD agar saat rapat kemiskinan tidak hanya seremonial belaka, namun selalu mengarah kepada satu sasaran yang pasti. “Saya juga siap terjun langsung ke masyarakat,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati Budhi juga berharap kepada OPD terkait agar pengentaskan kemiskinan tidak hanya membangun rumah dan memberi uang,  namun butuh pembekalan pengetahuan dan keterampilan serta akses modal juga pendampingan.

“Dengan pembekalan dan keterampilan saya yakin masyarakat bisa mandiri dan tidak lagi miskin,” pungkasnya. (**anhar)

Gerakan Pramuka Mempersiapkan Pemimpin Bangsa

Banjarnegara~Dengan semangat persatuan dan kesatuan, Bung Karno menyatukan organisasi-organisasi kepanduan itu menjadi Gerakan Pramuka. Presiden Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin, saat menjadi pembina upacara bendera memperingati Hari Pramuka ke 56 tahun 2017, Selasa (19/9), di alun-alun Banjarnegara.

Read more: Gerakan Pramuka Mempersiapkan Pemimpin Bangsa

Pameran Buku dan Arsip Sebagai Wisata Edukatif

Banjarnegara~Minat baca masyarakat Indonesia menurut Studi Most Littered Nation In the World 2016  berada di peringkat 60 dari 61 negara. Sedangkan, dari survei UNESCO 2012 Kebiasaan membaca masyarakat Indonesia lebih rendah dibandingkan warga Asia lainnya yaitu hanya satu dari seribu orang yang memiliki niat baca serius.

Read more: Pameran Buku dan Arsip Sebagai Wisata Edukatif

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan