Thu04272017

Last updateTue, 25 Apr 2017 5pm

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya 73% Bidang Tanah di Banjarnegara belum Bersertifikat

73% Bidang Tanah di Banjarnegara belum Bersertifikat

BANJARNEGARA – Jumlah bidang tanah di Banjarnegara ada 688.019 bidang. Dari jumlah ini baru 183.185 bidang (26,62%) yang bersertifikat. Lainnya sebanyak 504.834 bidang (73,38%) belum bersertifikat. Cakupan ini diminta Pemerintah Pusat untuk terus ditingkatkan agar sejalan dengan target Pemerintah di tahun 2025 semua tanah di Indonesia telah terdaftar melalui Prona dan lintas sektoral.

“Di tahun 2017 ini, Banjarnegara ditarget Pemerintah Pusat untuk melaksanakan pendaftaran tanah sejumlah 11.500 bidang terdaftar. Prona 11.200 bidang, dan lintas sektoral yang terdiri dari Usaha Kecil Mikro 200 bidang, serta nelayan budi daya 100 bidang. Lokasinya tersebar di 17 Kecamatan dan 43 desa” kata Kepala BPN, Sumarma, SH., M. Hum., Selasa (14/03) di hadapan Camat, Kades, dan BPD peserta Pendampingan Sertifikat Hak Atas Tanah melalui Prona dan Lintas Sektoral di Sasana Bhakti Praja.
Prona, sambungnya, adalah singkatan dari Proyek Operasi Nasional Agraria. Penyelenggaraannya dilaksanakan berdasarkan sejumlah aturan. Dua diantaranya adalah Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Pertanahan Nasional Nomor 35 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badang Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.
“Di dalam memenuhi target pendaftaran tanah oleh pemerintah pusat, program Prona dan Lintas Sektoral ini diakui sangat membantu. Kalau tidak ada program ini, penyelesaiannya dapat mencapai masa 100 tahun” katanya.
Data pendaftaran tanah di Banjarnegara secara regular per bulan di kantor Badan Pendataran Nasional (BPN), kata Sumarma, jumlahnya terhitung kecil sebab per bulan capaiannya hanya 200 peserta. Sehingga dalam satu tahun kurang lebih hanya dapat meraih 2400 peserta. Bandingkan dengan pencapaian pendaftaran tanah selama 6 tahun melalui prona dan lintas sektoral sejak tahun 2010 – 2016 yang mencapai 24.092 bidang.
“Dalam upaya mencapai target Pemerintah Pusat tersebut, Prona merupakan sarana percepatan legalisasi tanah secara sistematis dalam upaya mendukung strategi pembangunan” katanya. (**--eko br)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja