Wed07262017

Last updateWed, 26 Jul 2017 9am

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Dinas Ketahanan Pangan Gandeng TP. PKK

Dinas Ketahanan Pangan Gandeng TP. PKK

Sukseskan Gertam Cabai
BANJARNEGARA – Dinas Ketahanan Pangan menggandeng Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk mensukseskan gerakan pencangan tanam cabai di Banjarnegara.

PKK akan didaulat untuk mensosialisasikan pemanfaatan pekarangan untuk ditanami cabai sebagai upaya untuk mensukseskan gerakan tanam cabai sekaligus sebagai upaya mengantisipasi mahalnya harga cabai di Banjarnegara.

“Kami akan menaggandeng PKK untuk sosialisasi pemanfaatan pekarangan terutama kepada kelompok tani wanita (KWT), kami juga siap memberikan bantuan bibit serta pengawalan selama masa tanam,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Abdul Suhendi kemarin.

Dinas Ketahanan Pangan sendiri pada tahun 2017 akan memberikan bantuan bibit cabai kepada kelompok tani wanita juga TP.PKK Kecamatan. Selain itu kelompok tani wanita juga akan diberikan bantuan alat pengolahan hasil pertanian kepada kelompok tani wanita.

“Sebagai tindak lanjut dari gerakan tanam cabai juga akan dibagikan secara bertahap 30.000 bibit cabai bantuan dari BTP Provinsi Jateng kepada TP.PKK dan kelompok wanita tani,” lanjut Suhendi.

Bantuan bibit cabai juga diberikan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan berupa 18.000 bibit untuk kelompok wanita tani.

Sementara Sekretaris Tim Penggerak PKK Banjarnegara Ny. Sayyidi menambahkan garakan tanam cabai sejalan dengan kegiatan PKK yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kami siap mensukseskan gerakan tanam cabai, karena salah satu misi gerakan PKK di bidang pangan antara lain ikut membantu ketersediaan pangan di tingkat keluarga dengan memanfaatkan pekarangan melalui program hatinya PKK di desa dan di kota,” katanya.

TP. PKK juga mengajak para wanita khususnya ibu untuk memanfaatkan setiap jengkal lahan pekarangan yang ada, untuk ditanamai sayuran terutama cabai mengingat harga cabai yang cenderung tinggi.

“Dengan menanam cabai dipekarangan, saya berharap kebutuhan rumah tangga akan cabai dapat teratasi,” lanjutnya.

Penjabat Bupati Banjarnegara Prijo Anggoro meminta agar warga bisa memanfaatkan pekarangan, lahan sawah dan kebun untuk ditanamai berbagai tanaman, utamanya cabai.

Selain sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan serta untuk menopang ketersediaan pangan secara nasional, pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan juga sebagai upaya untuk meraih dan mempertahankan Kabupaten Banjarnegara sebagai lumbung pangan.

“Dukungan semua pihak, baik TP. PKK, OPD dan semua elemen masyarakat upaya pemerintah dalam rangka mensukseskan gerakan tanam cabai,” pungkasnya. (**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan