Fri12152017

Last updateThu, 14 Dec 2017 2pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Pengajian di Tlagawera

Pengajian di Tlagawera

Warga Diminta Mencintai Lingkungan
BANJARNEGARA-Penjabat Bupati Banjarnegara Prijo Anggoro meminta kepada warga Desa Tlagawera Kecamatan Banjarnegara untuk mencintai lingkungan dan waspada terhadap ancaman bencana tanah longsor terutama bagi warga yang berada di sekitar tebing atau pegunungan.

“Banjarnegara merupakan Wilayah yang sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan dan tebing curam yang rawan dengan bencana longsor, apalagi jika musim hujan,” kata Anggoro saat memberikan sambutan pada acara pengajian di Desa Tlagawera Kecamatan Banjarnegara kemarin.

Anggoro menambahkan, beberapa wilayah belum lama ini terkena bencana longsor, bencana longsor juga menelan kerugian harta benda yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu akibat tanah bergerak, di beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan, seperti jalan.

“Jalan yang rusak menyebabkan arus trasportasi terhambat dan mengakibatkan efek bagi perekonomian, pendidikan dan permasalahan lainnya,” kata Anggoro

Dengan kondisi tersebut, lanjut Bupati warga diminta untuk selalu bersyukur dan peduli dengan alam dengan tidak merusak alam.

“Merusak alam misal menebang pohon sembarangan dan tidak melakukan konservasi diarea rawan bencana,”tambahnya.

Anggoro menambahkan, tanah yang kosong terutama yang mempunyai kemiringan diatas 20 persen sangat rawan dengan longsor, untuk itu warga diminta kreatif memanfaatkan lahan dengan tanaman penguat tanah dan mempunyai manfaat ganda yaitu sebagai alat konservasi dan mempunyai manfaat secara ekonomi.

Selain berupaya dengan melakukan konservasi, warga juga diminta untuk selalu bersyukur dan berpasrah diri kepada Nya dan selalu memohon agar dijauhkan dari bencana.

“Perilaku kita dengan memelihara serta memanfaatkan lingkungan merupakan wujud kepedulian sekaligus rasa syukur kita kepada Tuhan, jauhi segala sesuatu yang berbau maksiat,” lanjutnya.

Lebih lanjut Anggoro juga meminta agar warga bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan tidak mudah terprofokasi oleh hasutan yang akan memecah persatuan dan keutuhan NKRI.

Sementara Kepala Desa Telagawera Usman mengatakan, warga di Desa Tlagawera selama ini juga telah melakukan konservasi dengan melakukan penanaman berbagai jenis pohon yang mempunyai manfaat ganda yaitu ekonomi dan konservasi.

“Kami selalu meminta warga untuk memanfaatkan lahan rumah yang kosong untuk ditanami berbagai tanaman yang bermanfaat, selain itu untuk menjaga alam, kami juga selalu memberikan sosailisasi agar warga ikut menjaga dan merawat alam,” kata Usman.

Pengajian di Desa Tlagawera diisi oleh Ustadz Zaenal Arifin dari Pekalongan. Dalam salah satu tausiahnya Zaenal juga menekankan adanya perhatian warga untuk selalu mencintai dan memelihara lingkungannya.

“Allah telah memberikan beragam nikmat, salah satunya adalah lingkungan dan alam yang subur, tugas kita adalah merawat dan menjaganya agar tidak rusak,” kata Zaenal.(**anhar)

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan