Mon05012017

Last updateFri, 28 Apr 2017 10am

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Dikukuhkan, Kepengurusan Kader Siaga Tramtib Enam Kecamatan

Dikukuhkan, Kepengurusan Kader Siaga Tramtib Enam Kecamatan

BANJARNEGARA – Kader Siaga  Tramtib (KST) enam kecamatan, Kamis kemarin dilantik oleh Bupati Banjarnegara yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Drs. Agus Kusuma, MM, di Sasana Bhakti Praja, Setda. Enam kecamatan tersebut yaitu Susukan, Purwareja Klampok, Mandiraja, Purwanegara, Rakit, dan Wanayasa. Pengukuhan KST tahun 2017 ini merupakan yang keduakalinya setelah pengukuhan KST tahun 2016 lalu.

Kasatpol PP Provinsi Jateng selaku pengampu kegiatan pengukuhan KST, Drs. Sinung, MM, mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki 29 Kabupaten, 6 kota, 545 Kecamatan, dan 8.490 desa/kelurahan. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015, Jateng didiami penduduk dengan jumlah 33.270.207 jiwa. Di wilayah seluas ini, beban tanggung jawab penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat dibebankan pada 2.486 personel anggota Satpol PP Provinsi dan Satpol PP Kabupaten/Kota.
“Jumlah anggota tidak sebanding dengan luas wilayah dan jumlah penduduk, sehingga beban tanggung jawab penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman dirasa berat apabila hanya mengandalkan anggota Satpol PP. Karena itu diperlukan penambahan personel yang berasal dari partisipasi masyarakat dalam wadah Kader Siaga Tramtib” katanya.
KST dibentuk di desa-desa dan kelurahan-kelurahan. Struktur kepengurusan KST, kata Sinung, ada di bawah tanggung jawab Kasi Tramtib Kecamatan dengan Pembina dari Kasatpol PP Provinsi, Kasatpol Kabupaten, SKPD terkait, Camat, dan Kades/Lurah. Tujuan dibentuknya KST adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar bias membantu menyelesaikan permasalahan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta memberi informasi bila ada pelanggaran Perda. Caranya adalah dengan deteksi dini, cegah dini, dan lapor cepat yang dilaksanakan secara berjenjang.
“Meski begitu, tidak semua masalah harus dibawa ke atas. Selesaikan dulu di tingkat local. Upayakan penyelesaian masalah dengan loby-loby untuk menghindari kekerasan dalam penyelesaikan masalah. Keputusan mufakat dirasa lebih baik daripada diserahkan pada forum voting yang berpotensi meninggikan tensi konflik dalam penyelesaian masalah” katanya.
Sampai saat ini, kata Sinung, jumlah total KST di Jawa Tengah ada 12.224 personil yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota. Jumlah ini masih jauh dari proporsi ideal dimana satu desa ada 9 personel KST.
“Secara bertahap, jumlah ini akan terus ditambah untuk mencapai rasio KST dengan luas wilayah dan jumlah penduduk” katanya.
Kasatpol PP Kabupaten Banjarnegara, Aris Sudaryanto, S. IP., MM, menambahkan dengan tambahan personil 135 personel KST dari enam kecamatan ini maka total KST yang dimiliki Banjarnegara adalah 250 personil yang tersebar di 11 Kecamatan. Pengukuhan KST pertama kalinya dilaksanakan tahun lalu untuk 5 kecamatan yaitu Kecamatan Sigaluh, Madukara, Banjarnegara, Pagedongan, dan Bawang.
“Secara bertahap, KST akan ada di 20 Kecamatan” kata Kasatpol PP, Aris Sudaryanto, S. IP, MM, usai pelantikan.
Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Drs. Agus Kusuma, MM, mengatakan pembentukan KST dimaksudkan untuk memperkuat lingkungan yang kondusif di desa/kelurahan agar masyarakat dapat beraktivitas dan berkarya secara optimal tanpa gangguan. Dia berharap dengan pelantikan KST ini, Kabupaten Banjarnegara lebih terjaga kondusifitasnya setiap saat dalam berbagai aspek kehidupan.
“Dengan adanya Kaders Siaga Trantib yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat secara swakarsa ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya iklim kondusif, aman, tentram, dan tertib yang dimulai dari lingkungan sendiri. Mulai dari lingkungan dimana kita tinggal. Sebab bila masing-masing lingkungan kita kondusif akan berdampak pada lingkungan yang lebih besar. Mulai dari dasawisma, naik ke RT, naik lagi RW, Desa/Kelurahan, dan seterusnya” katanya. (**--eko br)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja