Mon05012017

Last updateFri, 28 Apr 2017 10am

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Rutan Selenggarakan Khataman Qur’an Serentak Secara Nasional

Rutan Selenggarakan Khataman Qur’an Serentak Secara Nasional

Sambut HUT Pemasyarakatan ke 53
BANJARNEGARA – Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kamis (20/04) menyelenggarakan kegiatan Khataman Qur’an yang diikuti oleh seluruh karyawan dan warga binaan di aula Rutan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Pemasyarakatan ke 53 ini dilaksanakan serentak oleh Rutan dan Lapas seluruh Indonesia melalui siaran live secara nasional. Ikut menghadiri kegiatan ini tokoh agama dan anggota DPRD dari Fraksi PKB.

“Khataman Qur’an serentak dimulai pukul 09.00 WIB on time di seluruh Rutan dan Lapas se Indonesia. Kegiatan ini langsung dipandu dari Pusat Kegiatan di LP Cipinang, Jakarta melalui siaran live secara nasional” kata Kepala Rutan Abdul Hakim Amer.
Lebih lanjut disampaikan, dari alokasi waktu yang dijadualkan selesai pada pukul 12.00, khataman 30 juzz mampu diselesaikan pada pukul 09.40 wib. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengajian oleh pemateri Gus Wakhid dari PP Al Fatah, Parakancanggah.
“Kegiatan khataman diikuti oleh 128 warga binaan yang terdiri dari tahanan 44 orang dan Narapidana 85 orang serta karyawan Rutan” katanya.
Tujuan dari kegiatan khataman Qur’an ini, kata Amer, tidak semata untuk merayakan HUT Pemasyarakatan. Namun lebih utama adalah pada prioritas pembinaan mental pada warga binaan.
“Memang kegiatan ini kegiatan nasional dan diselenggarakan dalam rangka HUT lembaga. Namun focus kita tetap pada pembinaan mental warga binaan. Agar dengan memperbanyak kegiatan keagamaan selepas dari Rutan mereka dapat bekal mental yang bagus dan kuat saat kembali ke tengah masyarakat” katanya.
Kasi Pelayanan Tahanan, Sahlan, menambahkan dalam rangka perayaan HUT nya yang ke 53, Rutan menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk memperingatinya. Di lingkungan internal sudah dilaksanakan lomba-lomba antar seksi. Sedangkan kegiatan besarnya dimulai sejak tanggal 17 kemarin yaitu Bhakti Sosial yang dilakukan dengan kegiatan kebersihan di Masjid Agung An Nuur.
“Besok kegiatan dilanjutkan dengan lomba permainan tradisional gobak sodor antar karyawan. Puncaknya adalah kegiatan upacara Hari Jadi pada tanggal 27 April nanti yang dipusatkan di Kabupaten Banyumas” katanya.
Ketua Fraksi PKB DPRD, Arif Budi Waluyo, menyambut baik kegiatan ini. Kebetulan kegiatan khataman Qur’an ini juga sejalan dengan gerakan Nusantara Mengaji yang digagas Partainya. Intinya adalah dengan semakin banyak membaca Al Qur’an akan semakin membuat tenang dan nyaman pembacanya.
“Harapannya dengan semakin mendekatkan diri pada Sang Pencipta Allah SWT, maka hati akan semakin tenang, semakin nyaman. Dampak diharapkan dari pembaca Al Qur’an adalah peningkatan keimanan dan ketakwaan, sehingga barokah Allah SWT akan semakin melimpah bagi pembacanya maupun penduduk suatu negeri” katanya. (**--eko br)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja