Thu05252017

Last updateWed, 24 May 2017 2pm

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Tingkatkan Nilai Jual Kelobot, DWP Gelar Pelatihan

Tingkatkan Nilai Jual Kelobot, DWP Gelar Pelatihan

(BANJARNEGARA) – Kelobot atau bagian kulit buah jagung yang sudah dikeringkan, sering kita lihat atau lazim digunakan sebagai pembungkus rokok dan kemasan produk makanan lainnya. Padahal kelobot dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat hiasan yang akan menambah nilai seni dan nilai jual.

Hal ini disampaikan Arianto, S.Pt dari Rumah Kreatif Indonesia pada kegiatan Pelatihan Merangkai Bunga dari Bahan Limbah bagi Anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjarnegara di Pendapa Dipayuda Adigraha, Selasa (09/05).

"Kelobot dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aneka bunga tiruan" katanya.

Menurutnya Pembuatan bunga tiruan dari limbah kebun dan bunga kering dapat dibuat dalam 2 warna, yakni warna alami dan warna buatan.

"Wisatawan Nusantara lebih menyukai bahan yang diberi pewarna buatan, namun wisatawan mancanegara lebih menyukai warna warni alami" kataya.

Arianto menambahkan untuk bunga tiruan atau hiasan lainnya yang berbahan baku alami yang akan dikirim ke luar negeri harus benar-benar berbahan baku dari alam secara keseluruhan.

"Produk-produk dari bahan baku alami harus benar-benar sempurna, meminimalisir bahan pabrikan, tidak ada cacat dan dalam jumlah yang banyak" katanya.

Untuk produk yang akan dikirim ke luar negeri atau ke luar kota sebaiknya dicek dulu lemnya, bentuknya, dan dikemas dengan bentuk yang menarik serta aman. Sehingga tidak rusak di tengah jalan.

"Dengan penuh kesungguhan, ketekunan dan kreatifitas tentunya akan lebih menambah nilai ekonomi yang tinggi" katanya.

Ny. Hj. Sundari Fahrudin, Ketua DWP Kabupaten Banjarnegara mengatakan kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 110 peserta, mereka merupakan Pengurus DWP Kabupaten, Unsur Pengurus DWP Badan/Dinas/Kantor dan Kecamatan.

"Nantinya karya karya dari para peserta pelatihan akan ditampilkan pada saat Festival Serayu Banjarnegara dan akan dilombakan pada saat Peringatan Hari Ulang Tahun DWP" katanya.

Menurutnya kelobot banyak kita temukan di lingkungan sekitar kita, terutama di pedesaan pada saat musim panen jagung. Selama ini kelobot belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Kebanyakan hanya digunakan sebagai bahan pakan ternak dan dibakar.

"Mudah-mudahan setelah mengikuti kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan menambah penghasilan tentunya" katanya.

Diharapkan para peserta pelatihan nantinya dapat menyampaikan ilmu yang telah diperoleh ke anggota DWP di instansi masing-masing, lingkungan tempat tinggal dan masyarakat umum lainnya.

"Semoga setelah mengikuti kegiatan ini dapat membantu ekonomi keluarga" katanya. ***** (Sudin)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja