Thu05252017

Last updateWed, 24 May 2017 2pm

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Tahun ini, Banjarnegara Berangkatkan 701 Calon Jamaah Haji

Tahun ini, Banjarnegara Berangkatkan 701 Calon Jamaah Haji

BANJARNEGARA – Sebanyak 701 calon jamaah haji asal Kabupaten Banjarnegara, akan diberangkatkan pada tahun ini. Dari jumlah tersebut calon jamaah haji yang berangkat dari Banjarnegara mengusulkan 56 orang lansia, 16 penggabungan suami Istri atau Orang tua anak dan 2 pendampingan usia lanjut.

“Untuk tahap I ini yang sudah melunasi biaya haji seharusnya berjumlah 682 jamaah, namun karena ada satu jemaah yang mundur jadi jumlahnya menjadi 681 jemaah,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Banjarnegara Masdiro pada acara pembukaan Bimbingan manasik haji untuk calon Jamaah Haji tahun 1438 H tahun 2017 Banjarnegara.

Lebih Lanjut Masdiro mengatakan untuk tahap kedua yang akan dimulai tanggal 22 Mei hingga 2 Juni akan mengakomodir jamaah dengan status sudah haji, jamaah gagal sistem pelunasan tahap I, jamaah terpisah karena sistem serta jamaah lansia yang mengajukan permohonan dengan kriteria.

“Kriterianya usia minimal 5 tahun dan sudah terdaftar sebelum 1 Januari 2015,” lanjut Masdiro.

Dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaksanakan bimbingan manasik haji sebagai persiapan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Agar seluruh calon jamaah haji yang telah masuk daftar pemberangkatan pada tahun ini dapat berangkat semua, maka pihaknya meminta kepada seluruh calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan dari sekarang.

"Hal ini penting agar dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya dapat berjalan dengan lancar dan baik. Stamina dan kesehatan harus benar-benar dijaga dengan baik,"lanjutnya.

Untuk Bimbingan manasik sendiri, di tingkat Kabupaten akan diadakan 2 kali pertemuan yaitu tanggal 17 Mei dan 6 Juli 2017. Sedangkan untuk tingkat Kecamatan akan diadakan 6 pertemuan mulai tanggal 18 hingga 26 Mei yang dibagi menjadi 13 kelompok Kecamatan.

Sementara Penjabat Bupati Banjarnegara Prijo Anggoro saat memberikan sambutan mengatakan, selain bimbingan haji Pemkab Banjarnegara akan menyediakan fasilitas bagi calon jamaah haji yang akan berangkat menuju Donohudan. Pemkab akan menyediakan armada bus gratis bagi calon jamaah haji serta fasilitas makan siang selama perjalanan menuju Donohudan.

“Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya kita akan memberikan layanan gratis transportasi dan makan siang bagi calon jamaah haji, bus yang kami pakai juga bus baru untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi calon jamaah haji,” kata Anggoro

Anggoro juga meminta kepada pengelola haji Banjarnegara agar pelayanan haji kepada calon jamaah haji ditingkatkan.

“Sekarang mungkin transportasi Banjarnegara- Donohudan, kedepan saya berharap ada transportasi penjemputan kepada jamaaah di tiap Kecamatan,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Anggoro juga berpesan agar dalam perjalanan haji nanti berjalan dengan baik sebab dalam manasik sudah diberikan pembekalan yang cukup, sehingga jamaah bisa memahami rukun dan syarat serta sunnah ibadah haji serta memiliki kemandirian dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya umum dan ibadah.

“Melalui manasik haji ini pemerintah bisa membantu menyempurnakan perjalanan haji bapak ibu sekalian,” pungkas Anggoro.(**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja