Sat12152018

Last updateFri, 14 Dec 2018 3pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Cegah Kerusakan Jalan, Bupati Pasang Portal

Cegah Kerusakan Jalan, Bupati Pasang Portal

BANJARNEGARA – Guna mencegah kerusakan jalan akibat kelebihan tonase, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono memasang portal jalan di ruas jalan Desa Danaraja – Merden, tepatnya sekitar 50 meter dari pertigaan tugu ikan Desa Danaraja Kecamatan Purwanegara. Pemasangan portal jalan dipimpin langsung Bupati Budi Sarwono disampingi Kepala DPUPR, Tatag Rochyadi, dan kades setempat, Rabu (11/7/2018).

“Dipasangnya portal ini untuk membatasi truk dan kendaraan besar yang melintas melebihi kapasitas jalan kabupaten, yaitu lima ton,” tegas bupati yang turun langsung bersama para pekerja. Menurut Budhi Sarwono, inilah salah satu upaya efektif untuk menjaga jalan kabupaten. Karena sebagus apapun jalan diaspal, akan sia-sia jika terus dilalui kendaraan besar over tonase seperti truk, fuso atau kendaraan lain dengan jumlah roda mencapai sepuluh bahkan lebih.

“Jika terus-terusan dilalui kendaraan tersebut, pasti amblas jalan kita. Dan sebagai bupati saya harus tegas, apalagi usulan ini adalah aspirasi langsung dari masyarakat, shingga saya mengambil kebijakan ini!,” tandas Bupati.

Melalui kajian

Kepala DPUPR Kabupaten Banjarnegara, Tatag Rochyadi, membenarkan hal tersebut. Pemasangan gerbang togor portal tersebut merupakan hasil kajian kami atas dasar laporan masyarakat. Poertal itu menghubungkan Desa Danaraja dengan Mertasari, Kalimendong, Merden dan seterusnya.

“Beberapa kades menyampaikan aspirasi masyarakat yang mengeluhkan banyaknya kendaraan besar over tonase melintasi jalan desa mereka sehingga minta dipasangi portal jalan. Selain di sini, ada beberapa usulan di lokasi lain yang akan kita kaji, apakah layak dipasangi portal, tunggu perkembangan berikutnya,” komentar Tatag.

Tatag juga meminta agar masyarakat, khususnya para pengusaha untuk lebih peduli dan bersama-sama merawat jalan. “Gunakanlah jalan yang semestinya, sesuai kapasitas kendaraan, jangan membawa muatan barang yang melebihi batas kemampuan jalan sehingga mengakibatkan rusaknya jalan,” kata Tatag.

Warga setempat, Untung Budi Santosa, menyambut gembira pemasangan portal tersebut. “Kami sangat setuju dilarangnya kendaraan besar melintas, disamping jalan cepat rusak, juga mengurangi resiko lalu lintas. Jangan sampai jalan yang dibangun pemerintah rusak karena kendaraan besar, akhirnya masyarakat yang dirugikan,” ujar Untung. (Muji Prasetyo).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan