Mon10222018

Last updateMon, 22 Oct 2018 2pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Membangun Bangsa Dengan Ber KB

Membangun Bangsa Dengan Ber KB

Banjarnegara~Pelayanan KB Kesehatan dalam rangka Hari Bhayangkara 2018 telah dicanangkan oleh Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin di Kantor Kecamatan Punggelan, Kamis (9/8). Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keikutsertaan ber-KB masyarakat untuk membentuk keluarga kecil bahagia.

Keluarga sebagai basis masyarakat akan ikut menentukan kesejahteraan secara luas, karena akan berdampak terhadap kegiatan sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan.

“Pemerintah berupaya mengedukasi masyarakat untuk membentuk keluarga kecil bahagia dengan program KB yang bertujuan mengatur jarak kelahiran anak serta menekan jumlah kelahiran,” kata Wabup

Harapan kami, masyarakat Banjarnegara semakin sadar akan pentingnya menyukseskan program nasional KB. “Dengan melaksanakan KB berarti, ikut andil dalam pembangunan bangsa dan Kabupaten Banjarnegara.”

Berkaitan dengan pelayanan KB Kesehatan Bhayangkara 2018, Wabup menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mendukung kebijakan dan strategi dalam pembinaan keikutsertaan KB yang pada akhirnya berdampak pada penurunan angka kematian ibu dan bayi.
“Kegiatan ini sejalan dengan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng,” ujarnya

Kepala DPPKBP3A Banjarnegara, Bambang Siswanto mengatakan bahwa secara umum angka keikutsertaan KB sampai dengan Juni 2018 sudah cukup baik sekitar 79,84 %, tetapi keikutsertaan capaian khususnya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) masih sangat rendah. 29,59 % dan KB pria hanya 3,36%.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan capaian peserta KB khususnya MKJP dan KB pria,” terangnya

Dalam KB Kesehatan Bhayangkara terdapat kegiatan-kegiaatan seperti, Penyuluhan KRR (Kesehatan Reproduksi remaja) serta pelayanan KB secara serentak di seluruh wilayah Puskesmas se Kabupaten Banjarnegara.

Wakapolres Banjarnegara, Kompol Widiyantoro menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sudah berjalan rutin setiap tahun dan merupakan wujud sinergisitas Pemkab Banjarnegara dengan Polri. Kegiatan ini sebagai cara membentuk keluarga yang berkualitas dan tangguh dalam mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Polri sebagai unsur pemerintah memiliki fungsi membantu pemerintah, salah satunya mendukung dan menyuseskan program KB,” katanya

Pertumbuhan penduduk yang pesat menunjukan adanya indikasi terjadinya peningkatan kriminalitas, lanjutnya. Masalah kependudukan berbanding lurus dengan tingkat kriminalitas sehingga diperlukan upaya pengendalian. “Upaya penanggulangannya adalah dengan menekan laju jumlah pendudk melalui program KB,” ujarnya. (amar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan