Wed08152018

Last updateWed, 15 Aug 2018 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Petugas Uji Kir Banjarnegara Kerja ekstra

Petugas Uji Kir Banjarnegara Kerja ekstra

Setiap Hari Uji 80 hingga 100 Kendaraan
BANJARNEGARA-Petugas uji kendaraan di Dinas Perhubungan Banjarnegara harus bekerja ekstra keras, pasalnya setiap hari minimal harus melayani 80 kendaraan yang akan melakukan uji kir kendaraan.
Hal tersebut dikarenakan, adanya pengalihan uji kir kendaraan beberapa Kabupaten di Banjarnegara akibat Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kebumen dan Brebes dan Pekalongan belum lulus Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

“Kebetulan Kabupaten Banjarnegara yang terdekat dan sudah lulus Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor, dan hanya ada 11 di Jawa Tengah,” UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)  Banjarnegara Ahmad Sugiharto
Sugiharto menambahkan, biasanya setiap hari UPT Pengujian Kendaraan Bermotor hanya melayani 40 sampai 50 kendaraan setiap harinya, namun karena ada eksodus dari Kabupaten lain, setiap hari ratusan kendaraan dari lima Kabupaten harus mengantri untuk Uji Kir kendaraan, namun UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Banjarnegara hanya mampu melayani maksimal 100 kendaraan, karena keterbatasan tenaga dan waktu yaitu dari jam 08.00 hingga 14.00.
“Karena lokasinya di Banjarnegara, kami memberikan toleransi terhadap kendaraan berplat Banjarnegara yaitu 20 kendaraan untuk uji kendaraan setiap harinya,” jelasnya
Pemberlakuan uji kendaraan di Banjarnegara sendiri dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2018 lalu sampai kabupaten lain disekitar Banjarnegara lulus Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor.
“Uji Kendaraan dari Kabupaten lain di sekitar Banjarnegara akan terus dilakukan jika Kabupaten lain belum Lulus Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan,” katanya.
Sejumlah pemilik kendaraan dari luar Banjarnegara juga mengeluhkan lokasi Uji Kir kendaraan yang harus di Banjarnegara.
“Berat mas karena harus kesini hanya untuk uji Kir, selain jauh, waktu kami juga habis, kami berharap permasalahan ini segera bisa di atasi semua kabupaten,” kata Mustofa, salah satu pengusaha angkutan dari Cilacap.
Hal yang sama disampaikan Sugiono (50), warga Sokaraja Banyumas, Dia mengaku sejak subuh berangkat ke Banjarnegara agar mendapat antrian paling depan.
“Saya berangkat subuh, namun sesampainya di lokasi ternyata sudah banyak antri karena mereka bahkan bermalam,”kata Sugiono
Kepala Dinas Perhubungan Banjarnegara Tursiman menambahkan, berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor AJ.402/17/20/DRDJ/2018 ter tanggal 3 Juli 2018 perihal Pemberitahuan Hasil Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor,  di seluruh Indonesia hanya 41 UPUBKB yang lulus akreditasi.
“Di wilayah eks-Karesidenan Banyumas, UPUBKB yang lulus akreditasi hanya UPUBKB Banjarnegara karena sudah memiliki alat uji yang lengkap,” kata Tursiman (*anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan