Thu11152018

Last updateWed, 14 Nov 2018 10am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Banjarnegara Masuk Lima Besar Balita Sehat Tingkat Provinsi

Banjarnegara Masuk Lima Besar Balita Sehat Tingkat Provinsi

BANJARNEGARA - Dirgantara Faaz dan Rafayza Ghaizan dua balita wakil Kabupaten Banjarnegara menjadi nominator 5 besar lomba balita sehat di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dirgantara Faaz dari Kelurahan Semarang Kidul RT 3/2 Kecamatan Banjarnegara masuk kategori balita besar usia 2-5 tahun, sedangkan Rafayza Ghaizan Assyauking dari desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan terpilih untuk kategori balita kecil usia 6 bulan-2 tahun.

Dr. Ahmad Setiawan, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara mengatakan, lomba balita sehat bertujuan agar anak memiliki tumbuh kembang yang baik. Adapun kedua balita tersebut telah diseleksi di tingkat kabupaten. Keduanya telah dinilai oleh Tim Lomba Balita Sehat Tingkat Propinsi Jawa Tengah dan masih menunggu hasilnya.

“Kunjungan evaluasi atau penilaian oleh provinsi dilakukan baru-baru ini, bertempat di rumah kedua balita di Pagedongan dan Kelurahan Semarang. Kita masih bersaing dengan 4 kabupaten lain, mohon doa dan dukungannya agar Banjarnegara menjadi yang terbaik,” kata Ahmad Setiawan, Jumat (7/9/2018) di ruang kerjanya.Ketua Tim Tim Penilai dari Provinsi Jawa Tengah, dr Retno Mrihatani M.H. Kes secara terpisah mengatakan, tim penilai yang dipimpinnya telah melakukan kunjungan ke rumah dua balita. Tim yang telah melakukan verifikasi dan penilaian merupakan para ahli di bidangnya. Ada dokter anak, dokter gigi, psikolog, ahli gizi, kesehatan ibu dan lain-lain.

“Kami telah melakukan pendataan, verifikasi dan penilaian terhadap ananda Dirgantara Faaz dan Rafayza Ghaizan. Untuk hasilnya masih kita godok dan akan kita sampaikan ke provinsi,” katanya.

Untuk penilaian, menurut Retno, cukup kompleks meliputi : kesehatan fisik, psikologi, pengasuhan, sosial, dan tumbuh kembang secara menyeluruh.

“Semua dievaluasi dengan seksama oleh masing-masing bidang dalam tim kami,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, lomba Balita Sehat bertujuan sangat mulia, yakni meningkatkan kesadaran orang tua balita tentang pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga kelak terwujud generasi yang berkualitas.

“Kami sangat mendukung lomba ini, karena akan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesejahteraan dan kesehatan balita,” katanya.

Bupati menambahkan, masa balita merupakan masa emas sekaligus masa kritis, sehingga kegiatan ini akan meningkatkan kualitas balita sebagai generasi penerus yang sehat dan berprestasi.

“Evaluasi ini akan memotivasi masyarakat agar rajin berkunjung ke posyandu untuk mengetahui tumbuh kembang anak, serta terpenuhinya hak-hak anak, mengingat kunjungan ke paosyandu di Banjarnegara belum mencapai 100 %.” Imbuhnya.

Dalam Lomba Balita Sehat tahun 2018 tingkat provinsi, 2 balita Banjarnegara berhasil masuk lima besar dan bersaing dengan balita sehat dari empat kabupaten lainya yakni : Pemalang, Tegal, Banyumas dan Kabupaten Klaten. Lomba terbagi dalam 2 kategori usia yakni 6-24 bulan usia 2-5 tahun. (Muji P)

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan