Tue11202018

Last updateMon, 19 Nov 2018 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Rumah Manisah Selesai Dipugar

Rumah Manisah Selesai Dipugar

Banjarnegara - Rumah Manisah (65), warga Desa Kebutuhduwur, Kecamatan Pagedongan telah selesai dipugar. Terlihat bangunan rumah yang lebih kokoh dan penambahan beberapa fasilitas untuk menjadikan rumah tersebut menjadi layak huni daripada kondisi sebelumnya yang memprihatinkan.

Manisah mengaku sangat bahagia dengan selesainya perbaikan rumah tersebut. Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya. Menurutnya, sekarang rumahnya menjadi lebih bagus dan sudah ada jambanisasi di dalam rumah sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengeruk tanah untuk membuat lubang di belakang rumahnya saat ingin BAB (Buang Air Besar)

“Sebelumnya, saya harus membuat lobang dulu di tanah untuk buang hajat. Alhamdulillah sekarang sudah ada WC di dalam rumah,” ungkapnya bahagia.

Janda yang berprofesi sebagai tukang potong benang di sebuah pabrik konveksi ini sekarang hidup bersama seorang cucunya. Penghasilannya yang hanya 40-50 ribu per minggu digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan uang saku sekolah cucunya. Terkadang tetangganya berbaik hati memberikan uang atau makanan untuk meringankan bebannya. Meskipun berat, dia masih bersyukur karena banyak orang yang peduli dan memperhatikan keadaannya tersebut.

Bedah rumah milik Manisah ini melibatkan PC Muhammadiyah Pagedongan, Kokam, masyarakat sekitar dan Lazismu yang juga ikut andil dengan menyumbangkan perabotan rumah tangga serta perlengkapan dapur.

Suwito, Ketua Pelaksana Kegiatan Bedah Rumah Manisah mengatakan perbaikan rumah dilakukan selama 17 hari dan dana yang terkumpul saat rumah mulai di pugar baru 10 juta rupiah. Seiring berjalannya pembangunan ada tambahan dana dari masyarakat hingga mencapai hampir 13 juta.

“Total biaya untuk pemugaran rumah berikut fasilitasnya mencapai Rp.12.990.000,” terangnya

Suwito berencana kegiatan bedah rumah seperti ini akan terus dilakukan oleh pihaknya untuk membantu warga miskin di sekitar wilayah Kecamatan Pagedongan agar bisa memiliki rumah yang layak huni.

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin berkesempatan hadir untuk melihat rumah Manisah yang telah selesai dipugar. Dia mengapresiasi kegiatan bedah rumah yang diomotori oleh PC Muhammadiyah ini dan mengatakan bahwa hal tersebut adalah wujud nyata dari niat baik untuk membantu sesama.

Wabup berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai rumah Manisah saja, tetapi dilanjutkan dengan bedah rumah bagi warga miskin lain yang rumahnya belum layak huni. Bantuan tersebut akan sangat berharga sekali bagi orang yang membutuhkan.

“Kegiatan seperti ini akan menjadikan kehadiran kita sebagai manusia menjadi bermanfaat dengan membantu sesama yang sedang membutuhkan dan kekurangan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Arifin Romli menilai kegiatan bedah rumah yang dilakukan secara gotong royong ini membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan kemiskinan di Banjarnegara.

Arifin juga memberikan informasi bahwa di Banjarnegara masih ada sekitar 45 ribu unit RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan di Kecamatan Pagedongan ada 55 RTLH yang dudah masuk dalam daftar BDT (Basis Data Terpadu).(amar)

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan