Tue11202018

Last updateMon, 19 Nov 2018 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya FKUB Berperan Wujudkan Kerukunan Bangsa

FKUB Berperan Wujudkan Kerukunan Bangsa


Banjarnegara - Permasalahan yang menyangkut hubungan antar umat beragama di indonesia belakangan ini sangat kompleks. Perbedaan paham dan landasan dapat menimbulkan konflik horizontal dan vertikal. Hal ini tidak terlepas dari berbagai kepentingan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya seta perkembangan IPTEK.

Menurut Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Banjarnegara, Bambang Prawoto Sutikno, pada tahun politik seperti ini biasanya akan muncul berbbagai isu, seperti kesenjangan sosial, dikotomi kaya dan miskin, politik identitas yang terkadang diikuti dengan penyebaran informasi palsu atau hoaks yang berujung pada ujaran kebencian.

Tahapan Pileg dan Pilpres serentak 2019 telah berjalan dengan segala dinamikanya. Munculnya isu-isu SARA menaikan suhu perpolitikan nasional, jika tidak disikapi dengan cerdas dan arif maka dapat berpotensi memecah belah dan menjadi konflik yang akan mengganggu suasana kondusif, khususnya di Banjarnegara.

"Disinilah peran FKUB dan tokoh agama menjadi sangat penting untuk mampu memposisikan diri secara netral dan menjadi pilar terwujudnya kerukunan bangsa," katanya saat acara Musyawarah Pemuka Agama Banjarnegara Untuk Kerukunan Bangsa di Pendopo Dipayudha Adigraha, Sabtu (3/11).

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono berharap kepada semua elemen masyarakat untuk selalu mewaspadai berbagai hal yang meresahkan dan menimbulkan gesekan agar konflik tidak terjadi.

“Kami ingin Banjarnegara selalu aman, nyaman dan kondusif. Oleh karena itu, kepada semua elemen masyarakat untuk selalu menjaganya agar terwujud Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” katanya

Bupati ingin menjadikan kegiatan FKUB tersebut sebagai momentum pemantapan sinergisitas, komitmen dan semangat dalam mendukung kerukunan umat beragama di Banjarnegara. Dia juga berpesan bahwa konsolidasi harus selalu dilakukan agar jalinan komunikasi tidak terputus satu sama lain.

“Kami berharap kegiatan ini mampu membawa kesejukan dalam kehidupan antar umat beragama di Banjarnegara,” ujarnya.

Secara umum, lanjutnya, suasana kehidupan umat beragama di Banjarnegara selama ini aman, tentram dan damai. Contohnya, terdapat berbagai macam penganut agama dan kepercayaan di Banjarnegara, namun semua dapat hidup berdampingan saling tolong menolong dan gotong royong serta toleransi dalam bermasyarakat. “Bahkan tidak sedikit rumah ibadah yang lokasinya saling berdekatan,” pungkasnya.

Pada acara tersebut, Ketua FKUB Banjarnegara memimpin pembacaan pernyataan bersama pemuka agama untuk kerukunan bangsa menyambut dan mewujudkan Pemilu 2019 yang jujur, adil, damai dan berkualitas.

Acara dihadiri oleh Bupati Banjarnegara, Wakil Bupati Banjarnegra, Wakapolres Banjarnegara, Dandim 0704, Kepala Kemenag Banjarnegara, Tokoh Agama, Camat, Kepala KUA se Banjarnegara serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (amar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan