Mon12102018

Last updateMon, 10 Dec 2018 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Optimalisasi dan Evaluasi Pronangkis Kabupaten Banjarnegara

Optimalisasi dan Evaluasi Pronangkis Kabupaten Banjarnegara

Banjarnegara~ Alokasi dana sebesar Rp.338.890.278.500 untuk penanggulangan kemiskinan di Banjarnegara pada tahun ini diharapkan berdampak terhadap optimalnya percepatan penanganan kemiskinan. Anggaran tersebut dibagi-bagi kepada beberapa OPD terkait, untuk melaksanakan program penanggulangan kemiskinan sesuai tugas dan fungsinya.

“Anggaran itu dibagi kepada 15 OPD terkait untuk 102 kegiatan penanganan kemiskinan,” kata Mulyanto, Kepala Baperlitbang kabupaten Banjarnegara saat paparan pada Rakor Evaluasi Penaggulangan Kemiskinan Kabupaten Banjarnegara di Gedung Dekranasda, Selasa (4/11).

Mulyanto juga menyampaikan empat strategi Pemkab Banjarnegara untuk mengurangi angka kemiskinan. Pertama mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses cakupan pelayanan dasar masyarakat. kedua, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin. Kemudian, mengembangkan dan menjamin keberlangsungan usaha mikro kecil dan menengah. Keempat melakukan sinergitas kebijakan dan pelaksanaan program pengentasan kemiskinan.

“Pada strategi keempat alokasi dana terbanyak sejumlah 299 M dengan pos terbesar di Infrastruktur dan pendidikan,” paparnya

Strategi-strategi tersebut menjadi acuan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penanggulangan kemiskinan oleh setiap OPD terkait yang tentunya dengan menggunakan satu Basis Data Terpadu (BDT) terbaru yang dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Banjarnegara agar valid dan tepat sasaran, imbuhnya.

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menekankan perlu adanya persamaan penjabaran kegiatan setiap OPD terkait dengan BDT agar dalam pelaksanaannya bisa optimal. Segala bentuk data dari upaya pengurangan angka kemiskinan menjadi penting karena dengan itu dapat terlihat sejauh mana capaian pelaksanaan program telah dilakukan.

Wabup menyampaikan bahwa evaluasi terus dilakukan untuk memperbaiki kelemahan dan kekurangan mulai dari target fisik, realisasi, bagaimana kesulitan dilapangan, koordinasi, sinergi antar program, sasaran serta anggaran.

“Kita berkomitmen untuk terus mengawalnya sehingga akan muncul optimisme dan memperbaiki berbagai hal untuk mengubah Banjarnegara ke arah yang lebih baik,” tegasnya

Pada kesempatan ini Wabup juga menyoroti peran penting Camat untuk mendorong percepatan penanggulangn kemiskinan di tingkat desa, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan pengendalian program kemiskinan melalui APBdes.

“Peran Camat sangat strategis dalam hal ini. Memberikan informasi tentang seberapa jauh pelaksanaan program penanganan kemiskinan di wilayahnya masing-masing dan diharapkan bisa memotivasi para kepala desa untuk turut berpartisipasi dalam rangka program pronangkis sampai dengan tingkat desa,” terangnya. (amar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan