Thu01172019

Last updateThu, 17 Jan 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Bingkisan untuk Abang Becak Warnai Peringatan Hari Amal Bhakti ke-73

Bingkisan untuk Abang Becak Warnai Peringatan Hari Amal Bhakti ke-73

BANJARNEGARA - Peringatan Hari Amal Bhakti  hendaknya kita mengingat kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945. Dalam beragama, kita tidak hanya diberikan jaminan untuk mengamalkan ajaran agama saja, bahkan kebijakan pemerintah juga tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat membacakan amanat Menteri Agama RI pada Upacara peringatan Hari Amal Bhakti  ke -73 Kementerian Agama RI di Alun-alun kota Banjarnegara Rabu (3/1/2019). Pada upacara tersebut, Budhi Sarwono yang menjadi Inspektur upacara.

Walupun dihiasi gerimis sempat turun membasahi lapangan, upacara tersebut tetap berjalan lancar diikuti ratusan peserta dari kalangan guru dan pegawai Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Aliyah (MA), guru RA/DA/PAUD di bawah Kemenag dan juga lembaga pendidikan di bawah yayasan, serta ratusan pegawai di lingkungan Kemenag Kabupaten Banjarnegara. Di podium hadir lengkap Forkompinda masing-masing beserta istri/suami.

Dalam sambutannya ia menjelaskan, 73 tahun lalu, tepatnya pada 3 Januari 1946, Pemerintah RI atas usul Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama serta mengangkat Menteri Agama yang pertama yakni Haji Mohammad Rasjidi.

"Pembentukan Kementerian Agama adalah peristiwa penting serta bersejarah bagi negara kesatuan Republik Indonesia sekaligus menandai sebagai negara yang bercorak religius nasionalis," jelasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pembentukan Kementerian Agama juga tidak bisa dilepaskan dari perjalanan bangsa Indonesia karena agama tidak bisa dijauhkan dari kehidupan bangsa serta negara.

"Dimana semangat serta motivasi keagamaan telah menjadi sumber kekuatan kita dalam mencapai maupun meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, serta melindungi keutuhan NKRI," lanjutnya.

Bupati berharap peringatan ulang tahun Kementerian Agama ini semakin memperkuat komitmen bersama dalam merekatkan persaudaraan dan kasih sayang antar sesama umat beragama.

“Mari kita semua senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja yaitu integritas, pofesionalitas, inovasi, tanggung jawa dan keteladanan,” lanjutnya. ”Setiap pejabat dan birokrat Kemenag harus memerankan diri sebagai pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat. Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaan umat dengan perubatan korusi dan berbagah perbuatan tidak terpuji.”

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Banjarnegara, Masdiro, menambahkan, dalam rangka hari amal bakti Kemenag juga di berikan penghargaan kepada siswa berprestasi, pemberian bantuan Al-Quran serta pemberian zakat serta bingkisan untuk 84 orang abang becak. “Bingkisan untuk pengayuh becah langsung diserahkan oleh bupati, wakil bupati dan Forkompinda usai upacara ini,” katanya. (muji pras).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan