Thu05252017

Last updateWed, 24 May 2017 2pm

Back You are here: Home Berita Umum Scotter, Destinasi Wisata Baru Dieng

Scotter, Destinasi Wisata Baru Dieng

 BANJARNEGARA – Pariwisata Dieng punya destinasi wisata baru yang diberi nama Dieng Scotter. Lokasinya berada di puncak bukit scotter yang berada 1 km arah utara desa Dieng Kulon. Dari tempat ini wisatawan bisa menikmati indahnya blue sunset dan sekaligus sunrisenya. Bila kondisi cuaca cerah, laut utara juga bisa terlihat dengan mata telanjang dari tempat ini. Demikian dijelaskan oleh Alif Fauzi, Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Sabtu (02/01) di lokasi wisata Scotter.

“Jarak tempuh ke Dieng Scotter relatif tidak terlalu jauh dan mudah menjangkaunya. Jalan kaki dari desa kira-kira 20 - 30 menit sudah sampai di kaki bukit. Lalu naik melewati jalan berundak kurang lebih 5 menit sudah sampai pada titik pandang. Bila tidak ingin capek-capek, bisa ditempuh dengan naik ojek sampai kaki bukit.” katanya.
Di puncak Scotter, lanjutnya, terdapat gazebo dan tempat duduk yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai menikmati indahnya pemandangan alam Dieng dari atas bukit. Tempat ini bisa jadi alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan alam Dieng, baik di waktu senja maupun pagi hari.
“Saat sunset dan kondisi alam yang cerah, wisatawan bisa menikmati tenggelamnya matahari dengan latar kawasan candi, telaga balekambang, dan wilayah pemukiman penduduk berada jauh di bawahnya” katanya.
Wakil Bupati Drs. Hadi Supeno, M. Si., mengapresiasi semangat dan upaya yang ditempuh Pemerintah Desa, Pokdarwis Dieng Pandawa, dan masyarakat dalam rangka pengembangan destinasi wisata baru. Karena kebaruan dalam pariwisata sangat penting agar wisatawan tidak bosan. Namun ke depannya upaya ini juga harus diimbangi dengan pembenahan obyek, termasuk daya dukungnya seperti infrastruktur, parkir, toilet, warung makan, dan seterusnya.
“Papan informasi scotter baiknya dilengkapi dengan informasi ketinggian. Selain itu penting kiranya sekali waktu diadakan event seni budaya di tempat ini. Pemandangannya dari atas ternyata unik, dan bia event diselenggarakan sore jelang sunset ataupun malam hari sungguh sangat eksotik pemandangannya” katanya.
Saat penyelenggaraan event maupun saat keramaian, koordinasi dengan pemilik ladang di sekitarnya sangat penting untuk mengantisipasi rusaknya tanaman di sekitar titik pandang. Sebab lokasi Dieng Scotter berada di tengah kebun milik warga.
“Pada saatnya kegiatan petani di sekitarnya bisa dikembangkan menjadi bagian dari obyek. Dari mengolah lahan, menanam, merawat, dan memanen tanaman mereka. Apalagi jika budidaya tanamannya merupakan tanaman organik. Wisatawan bisa diajak juga untuk terlibat dalam kegiatan ladang, dari pengolahan sampai memetik hasilnya. Ini juga laku dipasarkan untuk wisatawan” katanya. . (**--eko br)

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja