Wed07262017

Last updateWed, 26 Jul 2017 9am

Back You are here: Home Berita Umum Komisi I Sidak ke Bagian Humas

Komisi I Sidak ke Bagian Humas

 BANJARNEGARA – Komisi I DRPD, Senin siang (11/01) melakukan sidak di Bagian Humas Setda. Tujuan dari sidak adalah untuk mengetahui secara langsung di lapangan pelaksanaan presensi finger print online sebab sistem ini telah dilaunching saat tahun baru kemarin. Demikian disampaikan ketua Komisi I, Mulyantoro.

“Tujuan sidak ke bagian humas sebab Bagian Humas merupakan mitra kerja Komisi I dan juga karena Bagian Humas merupakan operator finger print online. Selain itu, kami juga ingin mencocokkan kenyataan yang ada dengan yang disampaikan Bagian Humas saat dengar pendapat dengan DPRD” katanya.
Sejauh mana pelaksanaan finger print online, dimana kendalanya, apakah semua SKPD sudah terpasang dan dapat beroperasi semuanya. Sebab dalam pemahaman kami begitu sistem ini diluncurkan sudah dapat beroperasi di semua SKPD. Namun dari keterangan di bagian Humas, kata Mulyantoro, baru 34 SKPD terpasang mesin finger print dan hanya kecamatan kota yang baru bisa melaksanakan presensi online.
“Setahu kami alat ini sudah terpasang sejak bulan Agustus tahun lalu di Kecamatan-Kecamatan. Namun ternyata belum dapat beroperasi secara online semua” katanya.
Sidak dimaksudkan juga untuk mengetahui kendala yang ada. Bila ada kendala, kata Mulyantoro, pihaknya minta Bagian Humas agar dikomunikasikan sehingga nanti saling ada pemahaman yang sama. Termasuk masalah kelengkapan peralatan untuk pengoperasionalnya. Sebab teknologi online ini sebelumnya sudah banyak dipelajari oleh Komisi I saat kunjunganya ke Pemprov DKI dan mereka memahami teknologi informasi ini cukup rumit, canggih, dan butuh banyak biaya.
“Kami sudah belajar banyak saat studi banding di Pemprov DKI. Di sana server untuk teknologi ini dibangun sangat canggih dan ditempatkan di ruangan khusus yang sangat besar. Harapan kami dengan kemampuan Pemerintah miliki kita dapat mengembangkan sistem ini secara optimal” katanya.
Kasubag Pengelolaan Data pada Bagian Humas Peni Hariningsih, S. Kom., membenarkan bahwa mesin presensi online memang sudah di pasang di kecamatan-kecamatan. Hal tersebut semula direncanakan untuk persiapan launching presensi online serentak. Namun karena keterbatasan waktu dan anggaran, lanjutnya, presenti online baru dapat dilaksanakan untuk wilayah kecamatan kota.
“Untuk kecamatan kota sebagai uji coba juga belum dapat terlaksana dengan optimal karena beberapa alat  mengalami kerusakan sebab tersambar petir. Saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan dan antisipasi agar kejadian ini tidak berulang” katanya.
Sedangkan untuk operasional di SKPD lainnya, lanjutnya, pihaknya tengah menunggu datangnya alat dari DPPKAD. Sebab dalam hal ini, bagian humas hanya bertindak selaku teknisi operasional peralatan dan sofwarenya. Sementara hardware pembeliannya dilakukan oleh DPPKAD. Maka begitu kekurangan alat yang ada telah ada segera pihaknya melakukan penyempurnaan pemasangan mesin presensi online ini.
“Bila tidak ada aral melintang, sesuai program sistem presensi online ini dapat rampung di tahun ini” katanya. (**--eko br)

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan