Sun07232017

Last updateFri, 21 Jul 2017 8am

Back You are here: Home Berita Umum Pentas Duta Seni TMII 2017

Pentas Duta Seni TMII 2017

Tampilkan Tiga Sendra Tari Khas Banjarnegara
BANJARNEGARA- Tiga kesenian khas Banjarnegara siap ditampilkan pada acara pentas duta seni Banjarnegara 2017 dengan tema greget Banjarnegara di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesai Indah Minggu (14/5).

Tiga kesenian berupa sendratari tersebut diantaranya tari Lengganis, Tari Kidung Serayu dan Tari Coktandoh (Cocok Tanam Salak Pondoh).

Pentas seni yang akan menggelar tiga kesenian khas banjarnegara juga menjadi kesempatan bagi mereka tampil di TMII akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempromosikan pariwisata Banjarnegara melalui daya tarik kegiatan kesenian.

Dari tiga kesenian yang akan ditampilkan, Tari Coktandoh merupakan yang terbaru. Pasalnya, Coktandoh yang merupakan perpaduan seni tari yang bercerita tentang potensi melimpah salak pondoh yang ada di Banjarnegara. Tarian ini sekaligus untuk memperkenalkan potensi Banjarnegara.

“Kita perkenalkan potensi salah satu hasil bumi di Banjarnegara yaitu salak pondoh, jadi momentum acara di Taman mini ini akan menjadi media untuk menegaskan bahwa salak pondoh memang menjadi andalan Banjarnegara,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto.

Selain itu, pada acara pentas duta seni panitia juga menyediakan tempat khusus untuk menggelar bazar hasil produk UMKM. Panitia juga akan mengundang biro travel di Jakarta untuk bergabung dalam rangka mempromosikan destinasi wisata di Banjarnegara.

“Kegiatan akan dilasanakan selama dua hari, hari pertama Sabtu akan di gelar bazar produk UMKM sarta dialog dengan biro travel wisata yang ada di jakarta,” lanjut Dwi

Pada acara pentas duta seni di TMII tersebut juga akan dipromosikan agenda wisata di Banjarnegara pada tahun 2017 nanti diantaranya. Diantaranya Festival Serayu dan Dieng Culture Festival yang berlangsung bulan Agustus mendatang.

“Kami berharap ini akan menjadi media promosi wisata di Banjarnegara, karena kami juga mengundang biro perjalanan di Jakarta,” tambahnya.

Sementara Penjabat Bupati Banjarnegara Prijo Anggoro saat melihat persiapan tim kesenian di TMMI di Pendopo Dipayudha meminta agar kesenian Banjarnegara yang dikemas dalam bentuk tarian bisa menjadi duta Banjarnegara.

“Pentas kesenian Banjarnegara ini bisa menjadi media yang bagus untuk mengenalkan potensi Banjarnegara melalui visualisasi dalam tarian,” kata Anggoro.

Lebih Lanjut Anggoro juga berharap agar moment pentas duta seni bisa menjadi media promosi bagi agen perjalanan yang ada di Jakarta.

Salah satu pekerja asal Banjarnegara yang tergabung dalam Paguyuban Wong Banjarnegara (PWB) Farhan Junaidi menjadikan acara pentas seni di Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah sebagai ajang silaturahmi bagi warga Banjarnegara yang ada di Jabodetabek.

“Jumlah Kami ribuan, dan tergabung dalam berbagai komunitas, kami berharap acara ini bisa semakin mempererat hubungan kami dengan pemkab Banjarnegara, terutama tukar informasi agar kami tidak terlambat perkembangan pembangunan di Banjarnegara,” katanya. (**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan