Fri12142018

Last updateFri, 14 Dec 2018 10am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum Nyadran Gede Menjadi Aset Wisata Religi

Nyadran Gede Menjadi Aset Wisata Religi

Banjarnegara~Desa Gumelem memiliki sejarah dan budaya yang banyak menarik untuk ditelusuri. Berada di Kecamatan Susukan, Gumelem merupakan wilayah yang dijadikan daerah pengembangan wisata oleh pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Salah satu cara untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke desa Gumelem adalah dengan diadakannya tradisi Nyadran Gede, Kamis (25/5).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Dwi Suryanto mengatakan, saat ini tujuan diadakannya nyadran gede tidak hanya untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang telah dilakukan sejak lama, tetapi juga untuk menarik minat orang agar mau berkunjung ke desa Gumelem.
“Banjarnegara memiliki banyak potensi wisata. Gumelem saat ini dijadikan aset untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Banjarnegara, dengan wisata religi nyadran gede ini diharapkan juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat disini’, katanya
Tradisi nyadran gede sebenarnya merupakan tradisi turun temurun, salah satu kegiatan kebudayaan untuk meningkatkan semangat ketakwaan terhadap Tuhan sekaligus mempererat kebersamaan masyarakat.
Sekda Banjarnegara Fahrudin Slamet Susiadi mengatakan, pelaksanaaan nyadran gede  dilakukan menjelang bulan ramadhan tiba. Biasanya diawali dengan masyrakat melakukan gotong royong membersihkan lingkungannya.
“Filososfinya, menyambut ramadhan kita tidak hanya bersih hati dan pikiran tetapi juga bersih lingkungan agar memantapkan dalam menjalani ibadah puasa yang akan segera tiba”, katanya.
GKR Ayu Koes Indriyah anggota DPD RI dan juga salah salah seorang keluarga Kraton Surakarta, turut ikut serta dalam kegiatan nyadran gede ini.
GKR Ayu mengatakan, banyak daerah-daerah yang sudah melupakan tradisinya karena terkikis oleh perkembangan jaman. Di sini saya melihat tradisi masih benar-benar dijaga dan dilestarikan.
“Saya menginginkan agar slalu melestarikan kearifan lokal yang sudah menjadi warisan budaya, apabila sudah hilang harap untuk digali kembali. Budaya jangan sampai hilang tetap ada dan diadakan”, katanya
Terdapat hubungan yang erat antara Gumelem dengan Kraton Surakarta. Para sesepuh yang dimakamkan disini dulunya adalah para utusan dari kraton yang ditugaskan didaerah Banjarnegara, tambahnya. (amar)
    

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan