Fri07202018

Last updateFri, 20 Jul 2018 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum Bupati Minta Wisata Alam Dikembangkan.

Bupati Minta Wisata Alam Dikembangkan.

BANJARNEGARA-Trend pariwisata saat ini sudah mulai  bergeser ke arah wisata alam. Tak peduli betapa pun sulitnya akses ke suatu lokasi, para wisatawan akan rela menempuh perjalanan demi mendapatkan pengalaman berwisata alam.

Untuk itu,  Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono meminta pada para pengelola wisata untuk ikut serta mendorong pengembangan obyek wisata alam, seperti air terjun, pemandangan alam persawahan, pegunungan, dan lainnya.

Dia juga meminta agar pelaku wisata mampu membaca peluang, semisal dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan wisata alam, karena promosi tanpa visualisasi gambar lokasi juga kurang maksimal.

“Penggila wisata alam pasti akan melihat dahulu, baru setelah itu akan melakukan perburuan lokasi, meski akses menuju lokasi  kadang masih sangat buruk,” kata Budhi sarwono saat mengunjungi air terjun Giritirta di Desa Giritirta Kecamatan Pejawaran kemarin.

Meski begitu, Dia mengakui jika faktor infrastruktur menjadi kendala utama dalam mengembangkan wisata alam. Tidak sedikit akses menuju lokasi yang kurang memadai. Praktis wisatawan enggan berkunjung ke wisata alam tersebut, selaian upaya perbaikan infrastruktur , Bupati juga meminta agar ada pengembangan wisata

“Wisata alam sedang digemari oleh wisatawan. Sekarang orang lagi seneng piknik tentang alam, dan itu di desa sangat banyak. Hanya butuh sedikit berinovasi untuk mengembangkannya," lanjutnya.

Bupati Budhi yang juga seorang pengusaha itu juga menantang para pegiat wisata di Banjarnegara , untuk mampu mengemas kelemahan obyek wisata alam di tiap wilayah untuk memiliki nilai plus di mata wisatawan.

Potensi terbanyak wisata alam ada di wilayah Banjarnegara bagian atas seperti Karangkobar, Pejawaran, Pagentan, Wanayasa dan Batur. Penggiat wisata terutama Dinas pariwisata menurut Bupati budhi harus punya inovasi.

Inovasi yang dimaksudkan adalah dengan memanfaatkan potensi geografis yang bergunung menjadi arena bagi wisata lain seperti off road atau model wisata alam lainnya.

“Jadi meski akses jalan susah namun, kelemahan itu bisa menjadi kekuatan karena susahnya akses itu bisa dimanfaatkan menjadi tantangan bagian wisata alam,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Banjarnegara  Dwi Suryanto mengatakan, saat ini untuk mengantisipasi banyaknya wisatawan yang datang, pihaknya bekerjasama dengan pihak desa tengah membangun area parkir yang representatif dan luas.

“Saat lebaran kemarin banyak wisatawan yang datang menikmati panorama alam air terjun,” kata Dwi

Dwi menambahkan, Desa Giritirta memiliki obyek wisata yang menarik berupa air terjun dan air terjun hangat .Setiap hari tempat wisata ini didatangi wisatawan lokal dan wisatawan dari luar Banjarnegara .

“Biasanya liburan akhir pekan banyak yang datang ke Giritirta, apalagi saat ini akses jalan menuju lokasi air terjun sudah diperbaiki meski masih belum representatif, sedangkan di lokasi air terjun juga sudah di bangun jembatan , fasilitas untuk mandi dan akses jalan,” tambahnya.

Sedangkan untuk pengembangan wisata alam lainnya, seperti Off Road, pihaknya akan melakukan kajian, dengan melibatkan penggiat olah raga Off Road agar desain yang diharapkan sesuai dengan keinginan para penggiat olah raga wisata yang penuh dengan tantangan tersebut. (**anhar).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan