Mon10152018

Last updateMon, 15 Oct 2018 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Umum Bupati Buka Festival Jerami

Bupati Buka Festival Jerami

BANJARNEGARA-Festival Jerami 2017 yang dihelat di jalan baru di Desa Pucang, Kecamatan Banjarnegara, berlangsung meriah. Warga berduyun-duyun mendatangi festival jerami yang yang baru pertama kali diselenggarakan dalam rangka memeriahkan acara Banjarnegara Hijau.

 

Festival jerami dibuka oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di komplek jalan baru di Desa Pucang-Jenggawur Sabtu (26/8).

Dalam festival tersebut, para pemuda desa berkreasi membentuk berbagai macam hewan dan benda lainnya dengan bahan baku jerami.

"Sementara ini, jerami kerap hanya dibakar oleh para petani. Tetapi, sebetulnya jerami dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kreasi untuk dapat dijadikan destinasi wisata. Ternyata, meski baru pertama kali diselenggarakan, sudah banyak yang datang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Akhmad Nurudin.

Selain pameran hasil kreasi berbahan baku jerami, panitia juga menggelar peragaan busana dengan bahan baku limbah.
“Melalui Festival Jerami 2017 ini diharapkan akan menggugah warga untuk memanfaatkan berbagai macam barang bekas agar memiliki nilai lebih,” lanjut Nururdin.

Selain Festival Jerami yang menjadi salah satu rangkaian Festival Serayu , juga digelar fashion show dari barang bekas, lomba menggambar di tengah sawah oleh anak PAUD, serta pentas seni musik rengeng-rengeng dari seniman muda.

Dalam rangka Banjarnegara hijau juga diadakan bersih kali  yang diikuti 300 peserta dari Dinas Instansi Banjarnegara, LSM Lingkungan dan masyarakat sekitar sungai serta siswa SMP, SMA dan SMK.

Pada kesempatan tersebut  juga diadakan penanaman pohon di turus jalan secara simbolis oleh Bupati dan Forkompinda.
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono pada kesempatan tersebut mengatakan manusia dan alam tidak bisa dipisahkan. Untuk itu kita harus bijak dalam mempersepsikan dan memperlakukan dan menjaganya.

Harus terus ada upaya untuk melindungi dan memulihkan lingkungan hidup sebagai komitmen kuat menjamin hak-hak konstitusional warga, termasuk generasi mendatang,” kata Budhi

Berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka Banjarnegara hijau seperti bersih kali, penanaman pohon penghijauan, fashion show dari barang bekas serta festival jerami diharapkan bisa menginspirasi dan mendorong masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan.

“Mari kita jaga keaneka ragaman hayati dan budaya, karena ini juga merupakan bentuk kontribusi kepada masa depan anak cucu kita,” katanya.

Bupati menambahan, secara filosofi sangat penting bagi kita untuk menjaa keseimbangan alam.
“Manusia  tidak hanya mengambil, namun harus memelihara.  Jadi ketika mengambil air dari alam, maka kelestarian hutan dan mata air harus tetap terjaga.” Pungkasnya. (**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan