Wed12132017

Last updateTue, 12 Dec 2017 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Derap Serayu online olah raga Venue dan Cabang Olah Raga Baru

Venue dan Cabang Olah Raga Baru

Pekan Olah Raga Kabupaten Banjarnegara (Porkab) yang berlangsung tanggal 7, 8 dan 9 Nopember 2014 meninggalkan  PR baru bagi KONI Banjarnegara. Meski sukses  namun sejumlah permasalahan harus segera dibenahi. Beberapa kecamatan mengeluhkan penyelenggaraan yang terlalu mepet sehingga tidak maksimal dalam mempersiapkan atlit.


“Harusnya setahun sebelumnya  Porkab disosilaisasikan sehingga kami bisa mempersiapkan semuanya, baik dari kesiapan atlit maupun finansial,” kata camat Mandiraja Jo’i Setiawan.
Hal senada disampaikan Camat Susukan Catur Subandrio, menurutnya penyelenggaraan Porkab dengan hajat nasional yaitu 17 agustus dan hari jadi menjadikan persiapan kontingennya tidak bisa maksimal.
“Terus terang dana yang kami kumpulkan sebagaian berasal dari Kepala Desa, padahal mereka baru melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka HUT RI dan hari jadi Banjarnegara sehingga dari sisi pendanaan kurang optimal,” kata Catur.
Terpisah Sekretaris KONI Banjarnegara Agus Prasetya menjelaskan, meski terkesan mendadak, namun sebenarnya Porkab merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dalam rangka untuk mempersiapkan atlit menghadapi Porwildulangmas serta Porprov.
“Porwildulangmas akan dilaksanakan pada tahun 2015 di Magelang, sehingga setahun sebelumnya kami sudah harus mempersiapkan atlit yang akan di siapkan untuk menghadapi event empat tahunan tersebut. Karena atlit yang disiapkan merupakan atlit hasil seleksi Porkab, jika ditunda maka dalam mempersiapkan atlit kurang optimal,” kata Prasetya.
Setelah Porwildulangmas dua tahun berikutnya akan dilaksanakan Porprov 2017 di Tegal. Atlit hasil Porwildulangmas selanjutnya akan diseleksi dan masuk pelatkab untuk persiapan Porprov.
“Bupati Banjarnegara menargetkan masuk 5 besar Jawa Tengah, target tersebut tidak main-main karena kita akan bersaing dengan kabupaten lain yang juga mempunyai tujuan yang sama yaitu meraih peringkat setting tingginya di ajang tersebut, untuk itu maka kita harus mempersiapkan semuanya sejak sekarang agar target tersebut bisa direalisasi,” lanjut Prasetya.
Terkait tidak siapnya beberapa kecamatan, sangat dimaklumi panitia.  Untuk itu target utama dalam waktu dekat adalah KONI akan menghidupkan kembali KONI Kecamatan,sehingga kedepan semua kecamatan siap untuk mengikuti Porkab.
“Pada rapat pembubaran panitia Porkab belaum lama ini, disepakati untuk kembali menghidupkan kembali Koni Kecamatan, meski tidak ada dalam AD/ART Koni namun akan disiasati dengan cara lain, yang penting Olah Raga di tingkat kecamatan hidup,”Tambahnya.

Venue dan Cabang Olah Raga Baru
Porkab 2014 juga membawa angin segar bagi perkembangan olah raga di Banjarnegara. Cabang balap sepeda nomor BMX dan MTB yang selama ini tidak dilombakan dalam Porkab kemarin dilombakan.
Munculnya nomor nomor BMX juga di barengi dengan dibangunnya sirkuit BMX dan MTB di Katraco Sirkuit Park. Lahan yang selama kosong di sulap menjadi arena balap yang cukup representatif sehingga bisa menjadi wadah bagi pembalap muda Banjarnegara.
“BMX digemari anak anak muda di Banjarnegara sehingga pengembangannya mudah, saya berharap dalam waktu dekat ini BMX menjadi olah raga Favorit anak-anak muda di Banjarnegara,” kata Sekretris ISSI Banjarnegara M.Anhar.
Selain nomor BMX, cabang balap sepeda juga melombakan nomor Xross Country. 30 Crosser dari 8 kecamatan bersaing pada nomor tersebut. Halaman Gedung Balai Budaya yang rimbun, di rubah menjadi sirkuit Cross Country yang cukup menantang.
“Kami berharap Sirkuit itu bisa menjadi sirkuit yang permanen, sejumlah crosser juga sangat menikmati sirkuit tersebut. Jika disetujui kami berencana menggelar kejuaraan tingkat Karesidenan,” lanjutnya.
Selain Venue  dalam Porkab juga dieksebisikan olah raga baru yaitu Wood Ball, meski baru dikenalkan pada Porkab 2014 ini namun sejumlah atlit baru bisa langsung beradaptasi untuk mengikuti cabang tersebut.
“Mudah mudahan cabang baru ini bisa dilombakan di Event besar seperti Porwildulangmas dan Porprov nanti,” kata Ketua KONI Banjarnegara Oetomo. (**).

 

 

 

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan