Fri07212017

Last updateFri, 21 Jul 2017 8am

Back You are here: Home Derap Serayu online Info-Logi Pandangan Pria terhadap Wanita Sejati

Pandangan Pria terhadap Wanita Sejati

Dalam pandangan Islam, seorang wanita adalah makhluk Alloh yang mulia, dihormati dan dihargai. sebagaimana sabda Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam: “Berwasiatlah (untuk memberikan perlakuan) baik terhadap kaum wanita.”(Muttafaq ‘alaih).

 

    an padanya dibebankan syariat juga tanggung jawab sesuai dengan kefitrahannya sebagai wanita. Wanita dalam keluarga memiliki peran sebagai anak, ibu dan istri juga peran sebagai hamba Alloh. Namun wanitapun punya peran sosial di masyarakat, karena pada dasarnya seorang manusia tidak bisa hidup sendiri, ia perlu bersosialisasi dan memberikan kemanfaatan untuk umat.

    Wanita memliki tugas yang lebih berat di bandingkan laki-laki. Wanita adalah sosok yang multi fungsi, di bukan hanya untuk melahirkan saja, akan tetapi juga membesarkan dan mendidik anak-anaknya hingga dewasa. Pekerjaan wanita yang selalu tiada henti dan seolah-olah pekerjaan selalu menggunung dapat diselesaikan wanita dengan berbagi kesabaran. Wanita juga bisa mengerjakan pekerjaan laki-laki, tapi laki-laki belum tentu bisa mengerjakan pekerjaan wanita. Wanita kadang di marginalkan, tetapi dia tetap takbah dan sabar dengan penu harapan.

    Dalam kehidupan rumah tangga, tugas wanita lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Akan tetapi laki-laki akan jauh mengeluh dari pada wanita. Pandangan sebagi laki- laki kadang pekerjaan di kantor yang selalu berjubel selalu dirasakan begitu berat. Wanita adalah sosok yang lebih jauh di bandingkan laki-laki, pekerjaan wanita dari bangun tidur hingga larut malam dan kadang tidak bisa tidur karena harus menenagkan anaknya yang sedang sakit. Jelaslah bahwa pekerjaan seorang wanita tidak bisa dinilai dengan uang.

    Karena itulah, sangatlah layak jika seorang wanita di sebut juga tulang punggung kehidupan. Dialah yang menjadi arsistek untuk kemajuan  mendatang. Islam sangat memahami possi wanita sebagi multi fungsi. Secara psikolagis wanita seharusnya lebih banyak mendapat tekanan / stress karena tugasnya lebih berat di bandingkan dengan laki-laki. seperti yang di terangkan oleh (H.R Buhari muslim)

    “ Siapa diantara kalian ( Para istri dan ibu) ikhlas tinggal dirumah untuk mengasuh anak-anaknya dan melayani segala urusan suaminya, maka ia akan memperoleh pahala yang kadarnya sama dengan pahala para mujahidin dijalan Allah”

    Dibalik kehebatan wanita, mereka butuh perlindungan yang hakiki. Wanita adalah sosok yang ingin dicintai dan di sayangi sepenuh hati. Wanita adalah sosok yang lembut dan sangat membutuhkan kelembutan. Karena kelembutan itulah wanita hakikatnya lebih penurut dibandingka laki-laki. Oleh karena itu kadang wanita di jadikan sapi perahan yang di pekerjakan dengan gajih minim.

    Banyak pakar pskologi yang memandang bahwa laki-laki umumnya lebih egosentris, selef oriented karena berperan sebagai pengambil inisiatif untuk memberikan stimulasi dan pengharapan khusus bagi kemajuan. Oleh karena itu laki-laki menganggap hidup sebagai suatu subtansi yang otonom ; berkaitan dengan hal ini kegiaan kaum laki-laki itu bersifat ekponsif dan agresif, yaitu penuh daya serang untuk menguasai situasi dan ruang lingkup hidupnya, serta lebih bernafsu memperluas kekuasaannya.

    Wanita biasanya tidak agresif . sifatnya lebih pasif, lebih besorgend, lebih open, atten, suka melindungi –memelihara – mempertahankan. Sementara laki-laki cenderung pamrih, banyak menuntut dan kadang tidak peduli dengan kesusahan orang lain.

    Banyak hal yang sering laki-laki melakukan kesalahan terhadap seoarang wanita / istri. Wanita / istri akan merasa kecewa jika sang laki-laki/ suami mempunyai wanita idaman lain (WIL). Karena sifat egoisnya itu, laki-laki hidung belang tidak pernah berpikir bahwa yang dizinai itu adalah wanita yang memiliki perasaan seperti wanita yang dekat dengannya seperti ibu atausaudara-saudaranya. Dia tidak terpikir (saat mezinai atau memperkosanya) dia juga tidak pernah berpikir jika ibunya atau saudaranya diperlakukan sama, mungkin akan brontak.

    Manusia yang hina tidak berpikir dalam posisi sebagai manusia. Laki-laki yang hina akan menghinakan wanita ; menodai, mencampakan dan mempermainkannya. Laki-laki yang tidak waras yang tidak menggunakan nuraninya untuk mempertimbangkan sesuatu. Oleh karena itu pantas jika Allah menyebut ia binatang bahkan lebih sesat dari binatang. Seperti yag sudah diterangkan dalam Alqur’an

    “Terangkanlah kepadaku tentang orang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemeliharaatasnya? Atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar au memahami. Mereka itu tidak lain, hanya lah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat dari pada binatang ternak” (Q.S Al-Furqon :43-44).

    Itulah tipe laki-laki yang menghina drajat wanita. Akibatnya banyak wanita yang menderita dan frustasi. Begitu juga dengan seorang wanita, kini disaat dunia lebih condong kefaham materialisme ala Barat. Mereka tidak mementingkan antara haram atau halal, akan tetepi banyak yang mengandalkan uang dan hidup senang.

Adakah laki-laki sejati?

    Laki-laki sejati adalah pasangan dari wanita ideal. Mereka laki-laki yang saleh yang selalu mengerti sebagai posisi seorang suami, mampu menyelami isi hati dan membawanya kepuncak kebahagiaan. Sifatnya tidak egois, tidak meberatkan istri, justru bagaimana kita membangun rumah tangga yang sakinah ma wa dah wa rohmah. Adakah laki-laki seperti itu? Tentu saja ada. Laki-laki yang senantiasa konsekwen dalam kebenaran. Jiwanya diliputi dengan semangat jihad yang tinggi. Menggantungkan hidupnya terhadap Allah swt. Laki-laki yang tidak menampakan keluh kesah. Saat untung bersyukur, saat gagal bertawakal.

    Begitu juga dengan wanita, bahwa wanita yang berakhlak mulialah yang patut di jadikan wanita sejati yang tidak pernah lelah dengan pekerjaan yang sangat berat. Walaupun lai-laki kadang- kadang tidak pernah mengaguminya.  

Oleh : Edy Nur Oktafianto, S.Pd.I

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan