Wed11222017

Last updateTue, 21 Nov 2017 12pm

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Derap Serayu online Laporan Khusus Public Relations Sebagai Bagian dari Ilmu Komunikasi

Public Relations Sebagai Bagian dari Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat. Ilmu komunikasi tidak hanya untuk orang yang suka berbicara saja tapi untuk orang pendiam atau jarang ngomong juga bisa. Karena untuk komunikasi itu tidak hanya dengan bicara secara langsung tapi juga bisa melalui tulisan.

 

Ilmu komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang komunikasi antara individu dan kelompok. Dalam komunikasi ini memiliki beberapa bidang, diantaranya yaitu bidang Jurnalistik dan PR (Public Relation). Namum sebelum mendalami kedua bidang tersebut kita harus memahami dan mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Missal cara berbicara didepan umum dengan benar dan menggunakan alat teknologi komunikasi.

Untuk komunikasi, kita dapat memilih salah satu bidang agar kita dapat lebih focus pada bidang yang kita ambil, contoh jurnalistik, pada bidang jurnalistik ini dibagi menjadi 2, ada jurnalistik media cetak seperti majalah atau koran dan jurnalistik media elektronik seperti radio dan televisi. Untuk jurnalis elektronik harus mengetahui tentang penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Karena dengan tumbuhnya pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter, announcer, documenter maupun produser pemberitaan.

Public Relation adalah interaksi dan menciptakan opini public sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan oraganisisai dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup dari sebuah organisasi yang bersangkutan. Dalam artian khusus Public Relation membantu dan membangun komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik, menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani minat publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi tren, dan menggunakan penelitian dan teknik suara yang layak dalam komunikasi sebagai alat utama.

Pada bidang Public Relation, sangat cocok bagi orang yang senang berbicara di depan umum karena Public Relation lebih banyak bekerja dengan berkomunikasi kepada individu maupun masyarakat. Public Relation dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat diperlukan, karena perencanaan sebuah lembaga atau perusahaan bila tidak sampai pada semua pekerja internal dan eksternal rencana tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana apabila informasi tidak sampai secara benar. Oleh karena itu Public Relation sangat diperlukan dan dibutuhkan sekali sebagai perencanaan.

Tujuan diperlukannya Public Relation dalam sebuah perusahaan adalah :

1.     Untuk mengubah citra umum dimata masyarakat dengan diadakannya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.

2.     Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas.

3.     Untuk menciptakan identitas dari sebuah perusahaan.

4.     Untuk mendukung keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara.

5.     Untuk meyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukasn perusahaan, agar masyarakat luas mengetahui betapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam barbagai hal.

Secara keseluruhan tujuan dari Public Relation adalah untuk menciptakan citra baik perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Selain itu, public relation juga bertujuan untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap yang menyenangkan bagi lembaga atau organisasi di satu pihak dan dengan publik di lain pihak dengan komunikasi yang harmonis dan timbal balik. (Rizki Anas Saputra)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan