Fri03242017

Last updateThu, 23 Mar 2017 1pm

Back You are here: Home Derap Serayu online Laporan Utama Guru Harus Mampu Laksanakan Kode Etik Guru

Guru Harus Mampu Laksanakan Kode Etik Guru

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengajak para guru, dosen dan tenaga kependidikan untuk

mengamalkan jati diri PGRI, melaksanakan kode etik guru dan selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat.

 

“Kepada Masyarakat kami minta bantuannya untuk memberikan kesempatan terbaik kepadapara guru untuk melaksanakan tugas profesionalnya,” kata Bupati Sutedjo saat membacakan sambutan Ketua umum PB. PGRI pada upacara hari guru Nasional dan HUT PGRI ke -70 tahun 2015 di Lapangan Kecamatan Klampok (25/11).

Sutedjo menambahkan sampai saat ini banyak pihak berharap agar PGRI tetap berfungsi seperti awal berdirinya 70 tahun lalu yaitu dijadikan sebagai satu-satunya organisasi profesi guru Indonesia yang menaungi dan berjuang bagi para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Sebagai organisasi profesi guru, PGRI telah memiliki instrumen penting sebagai bingkai mentalitas dan moralitas guru dalam bekerja yaitu kode etik guru dan dewan kehormatan guru Indonesia (DKGI),” lanjut Sutedjo.

Sejak tahun 1973 PGRI telah memiliki kode etik guru yang pada tahun 2008 disesuaikan dengan ketentuan yang di persyaratkan perundang undangan dan terakhir disempurnakan pada tahun 2013.

“PGRI telah membentuk pengurus DKGI di setiap propinsi dan Kabupaten di Indonesia untuk menegakan kode etik guru. Impelemtasi kode etik guru secara konsekuen menuntun perilaku moral guru Indonesia ke arah guru yang profesional, sejahtera, telindungi serta bermartabat,” tambah Sutedjo.

Lebih lanjut Bupati Sutedjo juga meminta Kepada PGRi Banjarnegara untuk ikut berperan dalam rangka mensukseskan Banjarnegara sebagai kabupaten konservasi. PGRI melalui satgas juga diminta lebih berperan nantinya dalam menangani bencana yang kerap terjadi di Banjarnegara.

Terpisah Ketua PGRI Banjarnegara Sukirman mengatakan dalam rangka hari guru dan HUT PGRI ke 70 telah dilaksanakn berbagai kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas guru berupa kegiatan Ilmiah yaituseminar penguatan Demokrasi Pancasila, Diskusi dampak periodisasi kepala sekolah, sosialisasi perlindungan hukum bagi guru.

“Dalam rangka HUT PGRI dan hari guru tahun ini juga di gelar kegiatan olah raga dan seni, berupa pertandingan bola volley antar anggota PGRI, lomba bidang seni, pertandingan tenis meja, pertandingan bulutangkis, lomba menyanyi solo, donor darahguru dan anggota PGRI, serta pemberian penghargaan PGRI award bagi anggota PGRI,” kata Sukirman.

Upacara peringatan Hari guru Nasional dan HUT PGRI ke -70 tahun 2015 juga dimaksudkan untuk meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat dalam peningkatan sumber daya manusia yang bermutu. “Peringatan Hari guru Nasional dan HUT PGRI diharapkan mampu membangun dan memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota kepada PGRI sebagai organisasi profesi guru,” tambah Sukirman.(**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja