Sun09242017

Last updateFri, 22 Sep 2017 11am

Back You are here: Home Derap Serayu online Laporan Utama Gelorakan Batik Gumelem, Korpri Gelar Pameran Lomba Citra Batik

Gelorakan Batik Gumelem, Korpri Gelar Pameran Lomba Citra Batik

Forkompinda, Pegawai, Pelajar dan Umum ikut memeriahkan  acara pameran dan citra batik gumelem Banjarnegara dalam rangka memperingati HUT Korpri ke 70 dan Darma Wanita ke 16. Acara di buka oleh Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo, (25/11) di Pendapa Dipayudha Adigraha

 

Acara yang digelar selama dua hari tersebut melombakan dua kategori yaitu Forkompinda dan Pegawai serta Pelajar dan Umum.”Hari ini untuk kategori Forkompinda dan Pegawai diikuti 106 peserta , besok untuk pelajar dan umum diikuti 151 peserta,” Kata Ketua Panitia kegiatan HUT Korpri Tito Agus Wigono

Tito menambahkan  pameran dan citra batik gumelem dimaksudkan untuk lebih mengenalkan dan mencintai Banjarnegara  lewat produk unggulan lokal Banjarnegara.

“Batik gumelem tidak hanya di kenal di Banjarnegara tapi diharapkan batik gumelem bisa bersaing dengan daerah lain dan menembus pasar nasional, Batik Gumelem juga bisa menjadi karya seni dan diketahui oleh masyarakat luas dan menjadi warisan budaya,” kata Tito.

Bupati dalam sambutannya mengatakan  batik telah berkembang menjadi karya seni Indonesia dan telah diakui dunia dan terdaftar di Unesco sebagai warisan budaya.”Melalui pameran dan citra batik gumelem Banjarnegara  akan semakin mendekatkan batik gumelem ke hati masyarakat, diharapkan batik gumelem Banjarnegara sebagai edukatif cultural yang tururt memperkuat jati diri,” kata Sutedjo.

Pengrajin batik gumelem dan pengrajin makanan dengan bahan-bahan dari potensi lokal di Banjarnegara seperti singkong, pisang, jagung, salak,kentang semakin berkembang dan meningkat usahanya berdaya saing di pasarkan di luar wilayah Banjarnegara.

Lebih lanjut Bupati juga meminta kepada para pelajar untuk tampil belajar di atas catwalk, dan diharapkan akan dapat melahirkan generasi muda yang pintar di sekolah sekaligus tampil piawai diatas catwalk. “Generasi muda harus cinta budaya dan bangga mengenakan baju batik, generasi muda juga harus mampu mengangkat dan memperomosikan batik gumelem maupun produk-produk unggulan ke luar wilayah Banjarnegara,” lanjut Sutedjo.

Pameran dan citra batik gumelem Banjarnegara juga menampilkan sejumlah tarian tradisional, lomba fashion show batik gumelem, pameran batik gumelem dan produk produk makan khas Banjarnegara .(**anhar)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan