Tue04252017

Last updateTue, 25 Apr 2017 5pm

Back You are here: Home Derap Serayu online Pendidikan Meriah, Festival Film Serayu Banjarnegara

Meriah, Festival Film Serayu Banjarnegara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikud) bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Muda Indonesia (YSMI) menggelar Festival Film Serayu Banjarnegara 2015. Kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Al Fatah Banjarnegara, Jumat-Minggu (27-29/11) ini diikuti oleh tidak kurang dari 100 peserta yang didominasi pelajar dan mahasiswa.

 

Menurut perwakilan Kemdikbud Elverida manurung yang melakukan visitasi festival, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang difasilitasi oleh Kemdikbud. “Banjarnegara merupakan salah satu wilayah yang potensial untuk pengembangan dunia perfilman. Sehingga, kami memfasilitasi kegiatan Festival Film Serayu ini” kata Elverida.

Ketua Umum YSMI Heni Purwono mengungkapkan bahwa Festival Film Serayu Banjarnegara 2015 lebih fokus pada film dokumenter. “Acara pemutaran dan diskusi film, workshop dan Kampoeng Dolanan pada iven ini sengaja berfokus pada film dokumenter. Hal ini agar para peserta festival terstimulasi untuk membuat film dokumenter” ujar Heni. Dengan membuat film dokumenter berseting Banjarnegara, tambah Heni, harapannya wilayah Banjarnegara dapat terpublikasikan secara luas yang berimbas pada bergeliatnya dunia pariwisata.

Kegiatan Festival Film Serayu Banjarnegara 2015 diawali dengan pemutaran film “Di Atas Air dan Batu” karya Bowo Leksono, dilanjutkan dengan diskusi dan workshop. Film yang pernah menjadi pemenang Denpasar Film Festival tersebut mendapat apresiasi yang sangat baik dari penonton. Acara semakin meriah dengan adanya “Kampoeng Dolanan” yang sekaligus dijadikan sebagai sujek dalam praktik pembuatan film dokumenter yang dilakukan oleh peserta.

Menurut salah satu peserta Riska Yuli Wijaya, kegiatan Festival Film Serayu Banjarnegara sangat menarik karena selain peserta disuguhi pemutaran film-film dokumenter berkualitas, peserta juga erkesempatan praktik langsung membuat film. “Ini suatu hal yang baru bagi saya. Film-film yang ditayangkan dapat menjadi referensi yang kaya dan menginspirasi kami. Sedangkan workshop yang diisi oleh para praktisi film yang profesional mampu menggugah kami untuk terus belajar dan berkarya film dokumenter” kata Riska. (Heni Pur)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan

Link Penting

SIM ONLINE

PPDI

  • Profil
  • Peraturan
  • Pedoman & Standar Pelayanan
  • Formulir Permintaan
  • Info Serta Merta
  • Info Setiap Saat
  • Hak dan Tata Cara
  • Pengaduan
Info Penting
  • Penelitian / Praktek Kerja