Wed07262017

Last updateTue, 25 Jul 2017 11am

Back You are here: Home Derap Serayu online Pendidikan TAMANSISWA (TAMAN DEWASA) BANJARNEGARA MENDAPATKAN KUNJUNGANSEKOLAH PRAKTEK YANG BAIK (GPS) DARI JAWA TIMUR

TAMANSISWA (TAMAN DEWASA) BANJARNEGARA MENDAPATKAN KUNJUNGANSEKOLAH PRAKTEK YANG BAIK (GPS) DARI JAWA TIMUR

SMP Tamansiswa  (Taman Dewasa) Banjarnegarakembali menjadi sekolah  rujukan/ Study Visit dari sekolah praktik yang baik / Good Pcactice School (GPS )  Sekolah Mitra USAID PRIRITAS Provinsi Jawa Timur. Ini menjadi agenda selanjutnya, setelah bulan Oktober 2015 lalu, SMP Tamansiswa Banjarmegara juga mendapat kunjungan dari Provinsi Sumatera Utara.

 

Studi Visit / KunjungandariProvinsi Jawa Timur dilaksanakan hari Kamis tanggal 26 November  2015. Peserta sebanyak70 orang terdiri dari Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Koordinator DF, Staff Diknas, Kemenag, dan Staff USAID PRIORITAS. Kunjungan terbagi menjadi 5 Kelompok, tingkat SMP/MTS yang berkunjung ke SMP Taman Siswa Banjarnegara adalah Tim dari SMP Negeri 1 Kwadungan Ngawi dan MTs Al Fauzan Lumajang yang berjumlah 14 orang, sedangkan Tim yang berkunjung ke SMP Negeri 2 Banjarnegara dari SMP Negeri 4 Lumajang dan MTs Negeri Geneng Ngawi dengan jumlah yang sama. Setelah dari SMP Taman Siswa Banjarnegara dan SMP N 2 Banjarnegara, rombongan menuju ke MTs Maarif Mandiriaja. Untuk Tim SD/MI,kunjunganmenuju ke SD N 3 KutaBanjarnegaradan MI Al Fatah Banjarnegara.

Dalam sambutan di SMP Tamansiswa Banjarnegara yang disampaikan oleh Koordinator USAID PRIORITAS/TTI Provinsi Jawa Timur, Bapak Drs. Nur Cholis,S.Pd menyampaikan bahwa tujuan Studi Visit dari Provinsi Jawa Timur  adalah untuk mendapatkan pengalaman praktek mengajar yang baik yang diterapkan di SMP  Tamansiswa Banjarnegara.

Fokus Kunjungan adalah untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan pengunjung mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), praktik pembelajaran yang baik (PAIKEM/CTL) serta Peran Serta dari Masyarakat (PSM) yang sudah diterapkan di SMP Tamansiswa Banjarnegara.

Kepala SMP Tamansiswa Banjarnegara Nyi.Dra.Hj. Emy Listiyati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Studi Visit ini, dan sekilas menyampaikan tentang perkembangan sekolah yang sudah lebih maju, dibandingkan sebelum menjadi Mitra USAID PRIORITAS baik di bidang Manajemen Sekolah, Bidang Proses Pembelajaran dan Bidang Peran Serta Masyarakat (PSM).

Dalam kegiatan proses belajarmengajar, SMP Tamansiswa juga termasuk dalam 5 sekolah  piloting Implementasi Kurikulum 2013 sudah menggunakan pendekatan Saintifik dengan menerapkan prinsip 5 M, yaitu : Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengolah   / Mengasosiasi dan Mengkomunikasi, ini tentu sejalan dengan sistem pembelajaran Kontekstual yang di harapkan oleh USAID PRIORITAS.

Pembaharuan dalam bidang pembelajaran yang sangat terasa adalah perubahan pembelajaran yang konvensional menjadi pembelajaran yang menyenangkan, kooperatif, belajar dari berbagaisumber, pemanfaatan  media dengan biaya rendah, presentasi dan pemajangan hasil karya siswa.                 Selain itu untuk mengetahui kesansiswa terhadap proses pembelajaran juga dilakukan refleksi. Refleksi inijuga bisa dijadikan bahan untuk perbaikan proses pembelajaran.Dalam proses belajar mengajar juga sudah diterapkan Pembiasaan Literasi dengan budaya baca, dengan berbagai kegiatan seperti kunjungan perpustakaan, membaca senyap, penyediaaan sudut baca di tiap kelas dan juga ketrampilan informasi, sehingga setelah selesai dalam pembelajaran siswa diberi tugas untuk menyusun laporan walaupun dalam bentuk yang masih sederhana.

Kemudian untuk partisipasi Peran Serta Masyarakat ( PSM), di luar Komite Sekolah dibentuk juga Paguyuban Kelas yang merupakan paguyuban dari wali murid setiap kelas. Selainitu,tokoh masyarakat maupun lembaga yang relevan juga ikut berperan serta dalam membekali para siswa dalam kegiatan proses belajar. Misalnya WakilBupatiBanjarnegara, Bapak Drs. H. HadiSupeno,M.Si pernah memberi materi Studium General di rumah DinasWabub untuk seluruh siswa dengan tema “Menggali Potensi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Banjarnegara”. Selain itu siswa di bawa ke Pengadilan Tinggi Kab. Banjarnegara untuk mendapat penjelasan terkait bidang hukum kemudian siswa diberi kesempatan untuk mengikuti proses persidangan yang berlangsung.

Para siswa juga dibawa ke gedung DPRD Kab. Banjarnegara untuk mengikuti sidang Pleno, agenda sidang saat itu adalah pengesahan APBD II untuk diajukan dalam APBD I.Siswa juga pernah belajar di Taman Rekreasi Seruling Mas Banjarnegara bersama Bapak Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Bapak Drs. H. Azis dengan tema “Potensi Wisata Banjarnegara”.

Pada tangal 21 November 2015 kembali siswa belajar dengan tokoh masyrakat Banjarnegara yaitu Bapak Drs. H.Syamsudin tentang Pembelajaran bermakna dengan tema Pertanian terpadu dan Konsep Mandiri Pangan,dan masih banyak program-program belajar dari sumberluar sekolah yang akan terus diprogramkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa.

Setelahsambutan, peserta Studi Visit dipersilahkan untuk mengamati danmenggali data yang dibutuhkan langsung ke bidang masing-masing. Untuk MBS penggalian data langsung dengan Kepala Sekolah, untuk Pembelajaran praktek yang baikdengan mengamati semua kelas yang ada, sedangkan untuk peranserta masyarakat langsung dengan Yayasan Perguruan Tamansiswa, Komite Sekolah dan Perwakilan Paguyuban Sekolah yang saat itu ikut hadir menerima tamu.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan