Sun07152018

Last updateFri, 13 Jul 2018 9am

Back You are here: Home ILPPD Isi Ringkasan ILPPD (Urusan Wajib) S. Kesatuan Bangsa Dan Politik Dalam Negeri
Tuesday, 11 July 2017 10:44

S. Kesatuan Bangsa Dan Politik Dalam Negeri;

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pengaruh gelombang demokratisasi, pasar bebas, dan digitalisasi media sudah sampai ke daerah pedesaan. Pengaruh tersebut bisa bersifat positif maupun negatif. Namun setiap daerah harus memiliki ketahanan dan keuletan menghadapi ancaman dan tantangan baik dari dalam maupun luar daerah. Dengan demikian, pengaruh negatif tidak berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di daerah, sebaliknya, kita dapat memanfaatkan nilai positifnya berupa peluang dan nilai-nilai baru untuk memperkuat rasa kebangsaan dan daya saing ekonomi. 

Untuk meningkatkan rasa keamanan dan kenyamanan lingkungan telah dilakukan pelatihan bagi 75 Satuan Linmas untuk membantu kegiatan dimasyarakat,dan operasi bersama Satpol PP, Polri dan TNI, serta lintas sektor pada momen krusial seperti Lebaran, Tahun Baru dan Festival Budaya. Pelaksanaan Operasi Perda K3 telah menjaring: PGOT sebanyak 45 orang, penjaja seks komersial (PSK) sebanyak 12 orang, dan penataan PKL terhadap 1.818 pedagang.Kemudian, untuk pemeliharaan kamtrantibmas dan pencegahaan tindak kriminal telah dilakukan operasi disiplin bagi karyawan dan PNS Daerah.

Untuk Operasi rokok cukai Ilegal, ditemukan 16 penjual yang menjual rokok bermasalah, dan dari 123 bungkus rokok yang didata, ditemukan 2 merk rokok tanpa cukai, yaitu merk Feel Mild dan Beruang, serta 9 merk rokok lain yang dilekati cukai palsu.

            Kegiatan Operasi Non Yustisi dilakukan di tempat usaha yang belum berijin yaitu sebanyak 12 tempat, dengan rincian: usaha karaoke tidak berijin (1 tempat), usaha karaoke yang melanggar perda (1 tempat), usaha karaoke yang habis masa ijinnya (3 tempat), usaha pertambangan yang tidak berijin (3 tempat), toko swalayan yang habis masa ijinnya (2 tempat), serta toko swalayan yang tidak berijin (2 tempat).

Pengawasan dan Penertiban Reklame berhasil menemukan sebanyak 604 buah reklame bermasalah, dengen keterangan reklame salah tempat pemasangan dan tidak berizin 166 buah, reklame salah tempat pemasangan 75 buah, reklame tidak berizin 325 buah, dan reklame yang habis masa izinnya 38 buah. Reklame bermasalah tersebut berpotensi mengurangi PAD dan ketertiban.

            Sedangkan, untuk menertibkan administrasi kependudukan dilakukan Operasi Yustisi kepemilikan KTP Elektronik yang menemukan 212 orang pelanggar.

Operasi Perda 8 Tahun 2008 tentang Miras berhasil mengamankan sebanyak 1.410 botol miras berbagai merk, serta minuman beralkohol tuak/ ciu sebanyak 1.590 liter. Kepada para pemilik/penjual telah disampaikan penyuluhan dan barang buktinya dihancurkan dengan wales pada saat upacara HUT Satpol PP pada bulan Maret 2016 di kompleks Kantor Bupati.

            Untuk menguatkan wawasan kebangsaan telah dilakukan langkah-langkah membangun toleransi dan kerukunan diberikan ceramah pada 200 pemuda. Pembauran Kebangsaan bagi tokoh masyarakat, etnis, ras, dan suku dengan peserta  75 orang.  Kegiatan Peningkatan Bela Negara melalui pembinaan tentang pemahaman ideologi negara bagi tokoh masyarakat dan pelajar dengan peserta  125 orang. Peningkatan nilai luhur budaya melalui kegiatan pemantapan ketahanan seni budaya daerah bagi 100 pegiat seni serta pembinaan penganut aliran kepercayaan dengan peserta 85 orang.

Problem keterbatasan pengawasan perda masih sama dari tahun ke tahun, yakni rasio jumlah aparat Satpol PP yang sangat terbatas dibandingkan jumlah penduduk, yakni 0,83 per 10 ribu penduduk di tahun 2016, disamping keberadaan Penyidik PNS yang jumlahnya terbatas. Oleh karena itu penegakan perda dan pengawasan terhadap perijinan yang telah ditertibkan dilakukan dengan strategi yang efektif dan melibatkan unsur SKPD lainnya.

Saat ini ancaman narkoba terhadap pemuda, anak-anak dan pelajar telah mengkhawatirkan. Untuk membina dan memberikan pencegahan bagi generasi muda telah dilaksanakan sosialisasi bahaya narkoba bagi ibu-ibu PKK dan pelajar sebanyak 450orang. Pemuda dan pelajar pun perlu pendidikan politik selaku pemilih pemula yang cerdas. Melalui forum-forum diskusi politik telah dilakukan pendidikan politik yang diikuti oleh parpol, ormas, organisasi kepemudaan, Unsur DPRD, akademi dan Instansi terkait.

 

 

Berdasarkan kondisi geografis wilayah Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi bencana yang tinggi dan bervariasi diantaranya potensi bencana tanah lonsor, bencana banjir, bencana angin kencang, bencana kekeringan, dan bencana gas beracun. Berdasarkan potensi bencana tersebut Pemerintah kabupaten Banjarnegara berupaya melakukan tindakan antisipatif yaitu berupa pencegahan  dan penanggulangan bencana.

Dalam upaya untuk mengurangi kerugian baik jiwa maupun kerugian material Pemerintah Kabupaten Banjarnegara telah melaksanakan program Pencegahan dini dan mitigasi bencana berupa Kegiatan Sosialisasi dan pemantauan daerah rawan bencana sebanyak 24 (dua puluh empat) desa sejak kurun waktu Tahun 2015 s/d 2016 dan telah dilakukan Penyusunan Peta resiko bencana di 10 (sepuluh) kecamatan di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Melalui program Kesiap-siagaan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara  telah melakukan Pembinaan bagi 450 orang relawan dan pembekalan berupa Bimbingan Tehnis dan Setifikasi SAR kepada 60 (enam puluh) orang relawan SAR, sehingga relawan tersebut mempunyai sertifikasi dibidang penanggulangan bencana. Selain itu dilakukan juga pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di 20 (dua puluh) desa selama kurun waktu Tahun 2014 s/d 2016 dan ada sebanyak 240 orang relawan Destana.

Pada saat ini pun telah terpasang Sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) di 7 (tujuh) desa di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

 

Dalam Program Pasca Bencana pada kurun waktu Tahun 2011 s/d 2015 telah dilakukan upaya Relokasi warga akibat bencana di 6 (enam) desa sejumlah 124 KK, sedangkan pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sedang berupaya untuk merelokasi korban bencana tanah longsor desa Clapar Kecamatan Madukara serta desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu.  

Read 921 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan