Mon10152018

Last updateMon, 15 Oct 2018 8am

Back You are here: Home ILPPD Isi Ringkasan ILPPD (Urusan Wajib) H. Kepemudaan dan Olahraga
Tuesday, 11 July 2017 10:19

H. Kepemudaan Dan Olahraga;

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan mendefinisikan pemuda sebagai WNI yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16-30 tahun. Pada tahun 2014, penduduk Kabupaten Banjarnegara usia pemuda mendekati 200 ribu jiwa atau seperlima jumlah penduduk Kabupaten Banjarnegara.

Generasi potensial ini perlu disiapkan agar menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing. Bukan sebaliknya, pemuda menjadi ancaman penyebaran narkoba dan beban bangsa karena tidak memiliki prestasi dan produktivitas. 

Dalam RKPD tahun 2016 yang dilaksanakan dengan alokasi APBD 2016 sebesar Rp 1.385.000.000berupaya menciptakan prestasi pemuda dan olah raga melalui program pembinaan dan pemasyarakatan olah raga dengan fokus kegiatan penyelenggaraan kompetisi olah raga, pembinaan olahraga yang berkembang di masyarakat, penyediaan perlengkapan alat-alat olahraga, dan pengembangan olah raga kreasi.

Wujud kegiatannya adalah, penyelenggaraan kompetisi olah raga dan  kegiatan pekan olah raga dan seni (POPDA SENI) bagi pelajar ditingkat kabupaten dan partisipasi di tingkat provinsi. Kemudian kegiatan pemeliharaan sarpras olah raga,  serta kegiatan olah raga rekreatif lari 28 K serta upacara dan gerak jalan gayeng untuk mereaktualisasi Peringatan Hari Sumpah Pemuda dikalangan pemuda, pelajar dan kalangan masyarakat umum.

 

Untuk menyelenggarakan kegiatan olah raga di tingkat kabupaten dipakai GOR Pemuda, Stadion Kolopking, Lapangan indoor Tenis dan GOR Surya Yudha. Sementara untuk kegiatan olah raga indoor di wilayah ada 118 tempat lapangan olahraga yang umumnya berupa gedung pemerintah, sekolah, dan balai pertemuan. Sementara, lapangan untuk olah raga umum memanfaatkan lapangan sepak bola dimasing-masing wilayah desa atau kelurahan.

Read 1103 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan