Mon12102018

Last updateMon, 10 Dec 2018 8am

Back You are here: Home ILPPD Isi Ringkasan ILPPD (Urusan Wajib) C. Bidang Lingkungan Hidup
Tuesday, 11 July 2017 10:09

C. Bidang Lingkungan Hidup

Written by 
Rate this item
(3 votes)

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda,daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Manusia keaktivitas dan memenuhi segala kebutuhannya sangat tergantung pada ketersediaan sumber daya alam yang disediakan oleh lingkungan hidup. Dan sumber daya yang keberadaannya ikut serta dalam menjamin kelangsungan makhluk hidup disekitarnya baik itu manusia maupun makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya manusia memanfaatkan lingkungan hidup dengan bijaksana dan wajib menjaga kelestariannya.

Lingkungan hidup yang berkualitas merupakan kebutuhan. Terlebih bagi wilayah Kabupaten Banjarnegara yang sebagian besar merupakan wilayah rawan longsor yang dapat merusak bangunan dan membahayakan jiwa penduduk.

Prioritas pembangunan Bidang Lingkungan Hidup Tahun 2016 diselenggarakan oleh Kantor Lingkungan Hidup dengan alokasi APBD sebesar Rp. 4.257.658.000,-

Program kegiatan yang dilaksanakan meliputi :

1.        Pengembangan kinerja pengelolaan persampahan;

2.        Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup;

3.        Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam;

4.        Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup; dan

5.        Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau. 

Hasil Kegiatannya, antara lain : Pengembangan kinerja pengelolaan persampahan menghasilkan  penyediaan prasarana dan sarana pengelolaan persampahan, pengembangan teknologi pengolahan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), sosialisasi kebijakan pengelolaan sampah, pelatihan kreasi sampah anorganik, pengadaan alat untuk membuat kompos (Komposter), dan pembuatan instalasi pengolah sampah organik menjadi biogas yang sangat bermanfaat dalam pengurangan sampah yang diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) sehingga umur TPA menjadi lebih lama.

Pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup menghasilkan Pelayanan kepada pemohon izin lingkungan, pemantauan kualitas air sungai dengan hasil masih memenuhi baku mutu, pemantauan udara emisi dan ambient, Pelatihan Instruktur Saka kalpataru, serta  Penanaman tanaman tahunan di daerah rawan bencana. Disamping untuk juga pembelian Mobil Laboratorium guna mendukung perkembangan Laboratorium lingkungan. Semua hasil ini sangat  bermanfaat dalam pengendalian pencemaran air, udara dan tanah sehingga diharapkan lingkungan hidup di Kabupaten Banjarnegara  dalam kategori baik.

          Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau berupa pembuatan kanopi hijau sebanyak 8 unit di atas trotoar jalan di Depan TK Negeri Pembina Pucang. Pembuatan kanopi hijau ini dimaksudkan untuk menambah tanaman yang bermanfaat sebagai penghasil oksigen untuk paru-paru kota.

Perlindungan dan konservasi sumber daya alam menghasilkan Pelatihan konservasi lahan, pembuatan sumur resapan di sekolah-sekolah. Penanaman tanaman di daerah sumber mata air yang bermanfaat  dalam konservasi tanah, air dan udara sehingga lingkungan kita tetap lestari. Selain itu juga penyusunan buku Informasi Status Kerusakan lahan/tanah untuk produksi biomassa. Sampai dengan tahun 2016 sudah ada 6 kecamatan yang dibuat status kerusakan lahannya.

 

Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup menghasilkan Dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dan  Dokumen Informasi Status Kerusakan Tanah untuk Produksi Biomassa. Data ini sangat membantu dalam pengambilan keputusan dalam  kegiatan di bidang lingkungan hidup.

Read 1323 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan