Wed09262018

Last updateWed, 26 Sep 2018 10am

Back You are here: Home ILPPD Isi Ringkasan ILPPD (Urusan Wajib) N. Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak
Tuesday, 11 July 2017 10:30

N. Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Perempuan dan anak merupakan warga masyarakat yang paling rentan menerima perlakuan ketidakadilan. Karena itu, kedudukannya dimasyarakat memerlukan  pemberdayaan dan perlindungan negara agar mereka dapat memperoleh hak-hak azasi secara layak, berkembang secara wajar dan turut berpartisipasi dalam keluarga dan masyarakat.

Untuk mencapai maksud tersebut, pada tahun 2016 telah dilaksanakan program keserasian kebijakan peningkatan kualitas anak dan perempuanPenguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak dan Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan perempuan.

Untuk mendukung programkeserasian kebijakan peningkatan kualitas anak dan perempuan dilaksanakan kegitan yang outputnya Penyusunan draf Peraturan Daerah Tentang Pengarusutamaan Gender Pengarusutamaan Hak Anak,penyediaan 5 buahbillboard, 24 spot radio dan 1 kali sandiwara radio. Program Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak  Pelayanan pengaduan Kasus Kekerasan Berbasis Gender dan Anak (KKBGA) melalui kegiatan fasilitasi Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan (P2TP2A), peningkatan kapasitas  Pokja PUG dan Focal Point dan tersusunya dokumen evaluasi PUG serta Web SIGA serta pembentukan Kecamatan dan Desa Layak anak di 4 Kec dan 4 Desa.Program Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan perempuan dilaksanakan kegiatan ketersediaan Fasilitas pojok laktasi di Puskesmas Sayang Ibu dan Anak, Kecamatan Sayang Ibu dan Anak dan Desa Sayang Ibu dan Anak.

Pencapaian indikator bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pada tahun 2016 antara lain meningkatnya Sedangkan angka melek huruf perempuan usia 15 tahun ke atas membaik, yakni pada tahun 2016 sebesar 99,81% atau sebanyak 333.130 orang (tahun 2015 = 99,67% ). Sedangkan partisipasi perempuan di lembaga Pemerintah pada tahun 2016 sebesar 2,31 % (4.397 orang) atau menurun dibandingkan pada tahun 2015 = 2.38 % (4.740 orang) disebabkan adanya PNS perempun yang pensiun dan moratorium PNS. Selanjutnya partisipasi angkatan kerja perempuan sebesar 94,20 %  atau menurun dibandingkan pada tahun 2015 sebesar 95,70 %, namun bila dibandingkan dengan target RPJMD yang sebesar 26 % masih melampaui.

Read 1033 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan