Sun07152018

Last updateFri, 13 Jul 2018 9am

Back You are here: Home ILPPD Isi Ringkasan ILPPD (Urusan Wajib) U. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa
Tuesday, 11 July 2017 10:48

U. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa;

Written by 
Rate this item
(3 votes)

Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya adalah mengembangkan kemampuan, kemandirian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, agar secara bertahap masyarakat dapat membangun diri dan lingkungannya secara mandiri, dengan menciptakan demokratisasi transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola pembangunan.

Dengan demikian peran pemerintah sesungguhnya sebagai fasilitator melalui pemberian bantuan, pembinaan atau arahan, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembanguan. Untuk itu, dalam APBD 2016 telah dialokasikan sebanyak Rp 5.045.184.000 untuk menyelenggarakan RKPD 2016 dengan susunan program Pengembangan data/Informasi yang difokuskan pada kegiatan pengembangan kreasi dan inovasi teknologi tepat guna, program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan dengan fokus pada kegiatan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga teknis dan masyarakat, pemberdayaan lembaga dan organisasi maasyarakat perdesaan, asistensi dan pendampingan kader pemberdayaan masyaraat desa. Kemudian program Pengembangan Lembaga Ekonomi Perdesaan dengan fokus fokus peningkatan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMD).

Selanjutnya program Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Desa dengan fokus pembinaan kelompok masyarakat pembangunan desa, pengelolaan PNPM Mandiri, pendamping TNI Manunggal Membangun Desa, Pendampingan ADD, pelaksanaan bulan bhakti gotong royong masyarakat, pemantuan pelaksanaan kegiatan bantuan stimulan, penyusunan profil desa, dan pembinaan pengelolaan sanitasi penyediaan air minum berbasis masyarakat. Lalu, program peningakatan kapasitas apatur pemerintah desa difokuskan pada kegiatan asistensi implementasi system keuangan desa, program Peningkatan Peran Perempuan di Perdesaan Pelaksanaan dengan fokus penyelenggaraan pelatihan perempuan di pedesaan dalam bidang usaha ekonomi produktif dan peningkatan ketrampilan manajemen keluarga, serta program Pengembangan Model Operasional BKB, Posyandu, PADU dengan fokus revitalisasi posyandu.

             Untuk mencapai sasaran tersebut telah dilaksanakan beberapa kegiatan pemberdayaan. Diantaranya, kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada 40 kader teknis dan masyarakat, pelatihan menjahituntuk 50 kader, dan pendampingan pengelolaan alokasi dana desa (ADD) terkait implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentng Desa.

                       

Seiring dengan berlakunya Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa tahun ini telah digelontorkan pula anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 100.331.508.000,- dan Dana Desan (DD) sebesar Rp. 167.884.303.000,-. Pada Tahun 2016 dalam Pengelolaan Keuangan Desa, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga sudah bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah terkait dengan Penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDESA) yang diharapkan akan mempermudah Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa. Untuk membimbing dan mengawal hal tersebut, telah dibentuk Satuan Tugas Operator SISKEUDESA di 20 Kecamatan untuk membantu dan memfasilitasi Operator Siskeudesa di 266 Desa se-Kabupaten Banjarnegara.

Untuk meningkatkan usaha ekonomi desa dilaksanakan kegiatan pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) bagi 40 perangkat desa dan kecamatan. Kegiatan PNPM MP memang telah berhenti. Namun pemanfaat PNPM MP dikalangan perempuan dan usaha ekonomi produktif masih tetap difasilitasi dan didampingi.

             Melalui kegiatan TMMD, TNI telah ikut mendukung program pemberdayaan dan pembangunan desa baik secara fisik, sosial maupun budaya. Untuk tahun 2016  dilaksanakan TMMD Sengkuyung I di Desa Jatilawang Kecamatan Wanayasa dan TMMD Sengkuyung II di Desa Pegundungan Kecamatan Pejawaran.

Read 1101 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan