Wed09262018

Last updateWed, 26 Sep 2018 11am

Back You are here: Home ILPPD Isi Ringkasan ILPPD (Urusan Wajib) W. Kebudayaan
Tuesday, 11 July 2017 10:50

W. Kebudayaan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kebudayaan merupakan ciri kepribadian bangsa. Kita dapat memetik hal positif dari kebudayaan, terutama dalam membentuk kepribadian bangsa yang khas dan unik yang berasal dari nilai kearifan lokal, ketokohan pemimpin, budaya tradisi, cerita rakyat dan lain-lain. Dengan memiliki dan mengembangkan kebudayaannya sendiri, maka manusia dan masyarakat Banjarnegara berarti memiliki kekhasan dan keunikan dalam membentuk kepribadiannya.

Pembangunan Bidang Kebudayaan di Banjarnegara difokuskan pada tiga program. Yakni, program pengembangan nilai budaya berupa pelestarian nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kejuangan, pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah, serta pemberian dukungan, penghargaan dan kerjasama di bidang budaya. Kemudian program pengelolaan kekayaan budaya yang fokus pada kegiatan fasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kekayaan budaya serta pengelolaan dan pengembangan pelestarian peninggalan sejarah purbakala dan museum. Selanjutnya program pengelolaan keragaman budaya yang fokus pada kegiatan pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah, penyusunan sistem informasi database bidang kebudayaan, fasilitasi perkembangan keragaman budaya daerah, dan fasilitasi penyelenggaraan festival budaya daerah.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara tanggal 22 Agustus dijadikan momen melestarikan dan mengaktualisasi adat budaya daerah Banjarnegara. Melalui acara kirab pejabat dan kekayaan gunungan hasil bumi dari Desa Banjarkulon hingga Pendopo Dipayudha, pentas kesenian tradisional, dan kewajiban mengenakan pakaian adat khas Banjarnegara berbahasa jawa tiap hari kamis merupakan upaya pembudayaan jati diri daerah.

Pemerintah Daerah pun melestarikan berbagai prosesi dan adat seperti Nyadran Gedhe di Susukan.  Merupakan even tradisi jiarah kubur menjelang romadhon. Kuduran budaya di Wanayasa merupakan event potensi lokal di Wanayasa. Baritan di Dieng merupakan acara budaya akhir bulan syawal berupa acara sedekah bumi. Tradisi cukur rambut gimbal pada Festival VI Budaya Dieng yang dikemas bersama pentas Jazz Diatas Awan, pentas seni tradisional, bakar jagung, pesta lampion, pameran produk unggulan, dan Festival Film Dieng. Berbagai aktivitas budaya dalam festival mengandung pesan moral gotong royong, harmoni dan konservasi. Festival Serayu tiap dua tahun pun memiliki konsern atas pengembangan budaya dan konservasi. Bentuk aktualisasi budaya pada generasi muda dilaksanakan melalui Apresiasi Pelajar Tingkat SD yang dilaksanakan 21 kali di Panggung terbuka TRMS serulingmas Banjarnegara.

Selanjutnya untuk mempromosikan potensi budaya dan wisata di Kabupaten Banjarnegara dilakukan promosi budaya melalui pentas seni dan budaya di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta, penyusunan kalender event wisata dan pemilihan Duta Wisata, serta penciptaan paket wisata unggulan.

Untuk melestarikan rasa patriotik, Pemerintah Daerah setiap tahun merawat secara baik beberapa situs bercorak nasionalisme. Antara lain, TMP Sureng Yuda, serta delapan monumen  perjuangan yang tersebar di Desa Bandingan Kecamatan Sigaluh, Desa Joho (Bawang), Desa Susukan (Susukan) dan Desa Penanggungan (Wanayasa),  Kompleks Kantor Bupati, Kompleks Kantor BKK Banjarnegara, Desa kalibening (Kalibening) masing-masing satu buah dan di Desa Susukan (Susukan) ada dua monumen.

Balai Budaya Banjarnegara yang megah pun sudah mulai akrab dengan berbagai ajang kesenian, seperti pentas wayang kulit, pagelaran kuda kepang, pemutaran film, pentas musik pelajar dan pameran lukisan.

 

Kinerja Bidang Kebudayaan pada tahun 2016 tampak pada penyelenggaraan festival yang mencapai 61 kali, sarana penyelenggaraan seni dan budaya makin bertambah di pendopo, alun-alun kota, panggung Serulingmas dan balai budaya. Jumlah benda, situs dan kawasan Cagar Budaya yang dilestarikan tahun 2016 adalah sebanyak 2 buah yaitu Rehab Makam Girilangan di Gumelem-Susukan dan Rehab Makan Sunan Giri Wasiat di BondolHarjo Punggelan.

Read 1498 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
More in this category: « V. Sosial X. Statistik »

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan