Mon09252017

Last updateFri, 22 Sep 2017 11am

Back You are here: Home Investasi Potensi Investasi Sektor Peternakan

Potensi Investasi Sektor Peternakan

Pembangunan pada sub sektor Peternakan diarahkan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak guna mencukupi kebutuhan protein hewani asal ternak bagi masyarakat, di samping itu juga ditujukan untuk menunjang peningkatan komoditi ekspor. Dalam rangka upaya peningkatan komoditi ekspor. Dalam rangka upaya peningkatan produksi dan mutu ternak telah ditempuh melalui kegiatan Inseminasi Buatan (IB) yang dilaksanakan di delapan wilayah.

1. Domba Khas Batur.

Di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara yang memiliki suhu 15 ºC dan terkenal dengan sentra sayur mayurnya  ternyata telah ditemukan satu jenis domba khas  ex Tapos yang merupakan tipe bulu dari Australia. Domba khas ini bisa berbobot dua kali lipat domba lokal yaitu antara 60 – 80 kg  dan bobot maksimal 140 kg serta berbulu lebat dan halus. Keunggulan spesifik tersebut membuat harga ternak tinggi mencapai antara 600 ribu hingga 1, 5 juta rupiah ( harga domba lokal Rp.300.000 – Rp.600.000 dengan berat badan rata-rata 40 kg.).

Hasil penelitian mahasiswa Fakultas Peternakan Undip tahun. 2002 membandingkan  masing-masing 30 petani ternak domba khas Batur dan domba jenis lokal memperoleh kesimpulan rata-rata  dengan kepemilikan 10 ekor domba khas Batur petani mendapatkan keuntungan per tahun Rp.2.861.840. Jumlah tersebut jauh diatas penghasilan yang diperoleh petani ternak domba jenis lokal dengan rata-rata kepemilikan 4 ekor sebesar  Rp.318.641,-

Saat ini Domba Batur tidak hanya ada di Kecamatan Batur saja namun sudah berkembang di Kecamatan sekitar yang beriklim dingin/sejuk seperti Kecamatan Wanayasa, Pejawaran, dan Kalibening. Domba yang semula berjumlah 10 ekor (tahun 1984) saat ini sudah menjadi 4.857 ekor  (tahun 2002)

Domba Batur tidak hanya tipe pedaging , bulunya yang tebal dapat diolah menjadi benang wool sebagai bahan tekstil. Namun potensi ini belum dapat dijalankan secara optimal dikarenaka terbatasnya teknologi yang dimiliki.

2. Sapi jantan Kereman/Penggemukan.

Usaha peternakan sapi dengan sistim penggemukan, dua jenis sapi Brahma dan Simental dikembangkan di Kecamatan Wanayasa, Kelibening dan Karangkoar. Dengan dukungan pakan yang sehat sapi tumbuh pesat, hanya perlu waktu tujuh bulan, sapi siap jual. Dengan keuntungan bisa mencapai 200 %. Usaha ternak sapi jenis ini dibagi dalam dua jenis usaha, yaitu : berupa  ternak sapi jantan kereman dan jenis sapi pembibitan.

Usaha ini berpeluang untuk penyediaan bibit unggul , hal tersebut semakin termotivasi dengan kian gencarnya pertanian organik yang dikembangkan di setiap sentra pertanian , sehingga kotoran sapi juga memiliki nilai ekonomis.

Sentra penggemuka sapi saat ini berada di wilayah Kecamatan Pejawaran,Pagentan,Bawang,Karangkobar,Kalibening dan Wanayasa.Jenis sapi yang dikembangkan yaitu Simental dan FH. Populasinya mencapai 4.55 ekor dengan produksi 1.00 ekor per tahun. Kendala yang dihadapi saat ini adalah usaha ini masih diangap sambilan. Padahal, apabila dikelola dengan teknik dan menejemen yang profesional akan menghasilkan bibit dan produksi yang jauh lebih optimal.

Sistim yang digunakan oleh petani ternak sapi ini dengan cara sistim gaduh, dimana hasilnya 60 % untuk petani penggaduh dan 40 % untuk investor.

3. Kambing

  • Lokasi penyebaran kambing terdapat di seluruh Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, dengan tingkat populasi ternak kambing tertinggi di Kec. Wanayasa 22.758 ekor, Kec. Pagentan 17.203 ekor dan Kec. Karangkobar 14.628 ekordan Kec. Punggelan 14.056 ekor.
  • Total populasi ternak kambing di Kabupaten Banjarnegara 178.879 ekor.

Keunggulan :

Faktor kemudahan :
1. Jalur Propinsi
2. listrik
3. Air Bersih
4. Peternak Trampil
5. Lahan yang dapat di gunakan/di sewa.




Read 13172 times Last modified on Monday, 09 January 2012 08:44

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan