Mon10152018

Last updateMon, 15 Oct 2018 8am

Back You are here: Home Pemerintahan DPRD Jenis Pelayanan Pemrosesan Pelaksanaan Reses Pimpinan/Anggota DPRD

Pemrosesan Pelaksanaan Reses Pimpinan/Anggota DPRD

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

1.      Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah;

2.      Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota Dwan Perwakilan Rakyat;

3.      Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Banjarnegara (Lembaran Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2016 Nomor 10 Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 213);

2.

Persyaratan Pelayanan

1.      DPA Sekretariat DPRD;

2.      Jadwal Pelaksanaan Reses;

3.      Tanda Terima Reses;

4.      Daftar Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara

3

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

1.      Menyusun draf jadwal Reses berdasarkan rapat pimpinan;

2.      Mengetik draf Jadual Pelaksanann Reses;

3.      Meneliti dan paraf Pada draft Jadual Pelaksanaan Reses;

4.      Meneliti dan paraf draf Jadual Pelaksanaan Reses;

5.      Pengesahan  Jadual Pelaksanaan Reses;

6.      Menginformasikan jadual pelaksanaan Reses kepada Pimpinan dan Anggota;

7.      Menyiapkan Administrasi Reses

8.      Pelaksanaan Reses;

9.      Menghimpun seluruh berkas SPJ dan Administrasi Reses;

10.  Pembuatan Laporan Realisasi Keuangan Kegiatan Reses.

11.  Laporan Realisasi Keuangan Kegiatan Reses secara berjenjang kepada atasan

12.  Mengarsip Laporan Realisasi Keuangan Kegiatan Reses

4

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 1 bulan hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar, lengkap dan telah dilaksanakan cek lokasi.

5

Biaya/Tarif

-

6

Produk Pelayanan

Terlaksananya Kegiatan Reses Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara

7

Penanganan,Pengaduan, Saran, dan Masukan

Pengaduan, saran dan masukan dapat dilakukan dengan prosedur :

1.      Datang langsung;

2.      Surat;

3.      Telepon.

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.      Verifikasi aduan;

2.      Mediasi;

3.      Koordinasi dan cek lokasi;

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.      1 orang Kabid Rapat dan Perundang-undangan;

2.      1 orang Kasubag Rapat dan Risalah;

3.      1 orang Staf Teknis;

4.      17 orang Tim Monitoring Kegiatan Reses.

Sarana yang digunakan dalam penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.      Ruang Pengaduan;

2.      Kotak Saran;

3.      Pesawat telepon;

4.      Komputer;

5.      Kendaraan roda 2 atau 4.

Bagian yang mengampu penanganan aduan, saran dan masukan adalah: Bagian rapat dan perundang-undangan

8

Sarana dan Prasarana, dan/  fasilitas

1. Ruang Pelayanan;

2. ATK;

3. Printer;

4. Komputer;

5. Meja;

6. Kursi;

7. Jaringan Wifi.

9

Kompetensi Pelaksana

1.      Menguasai Standar Operasional Prosedur;

2.      Memiliki pengetahuan tentang tata tertib DPRD;

3.      Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

4.      Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

5.      Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

6.      Memiliki kemampuan kerjasama tim.

7.      Mampu mengoperasikan komputer;

10

Pengawasan Internal

1.      Sekretariat DPRD melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi (setiap bulannya) dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting;

2.      Kepala Bagian melakukan verifikasi dokumen reses dan atau rapat Tim Teknis Kegiatan Reses serta melaporkan kepada Sekretaris DPRD.

11

Jumlah Pelaksana

Kabag, Kasubag, Staf Teknis, Tim Monitoring Reses (20 orang)

12

Jaminan Pelayanan

Diwujudkan dalam kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur serta didukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, trampil dan sopan santun.

13

Jaminan keamanan dan  keselamatan pelayanan

Keamanan produk layanan dijamin dengan adanya tanda terima bermaterai cukup.

Tanda terima di bubuhi tanda tangan serta cap basah, sehingga dijamin keasliannya;

Keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan sangat diutamakan dengan memonitoring kegiatan reses.

14

Evaluasi Kerja Pelaksana

Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan