Tue11132018

Last updateTue, 13 Nov 2018 7am

Back You are here: Home Pemerintahan DPRD Jenis Pelayanan Proses Surat keluar Melalui Tata naskah Dinas Elektronik

Proses Surat keluar Melalui Tata naskah Dinas Elektronik

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

1.      Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Banjarnegara (Lembaran Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2016 Nomor 10 Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 213);

2.      Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 51 Tahun 2014 tentang tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara;

2.

Persyaratan Pelayanan

1.      Draft Surat yang telah diparaf koordinasi dan di tandatangani Sekretaris DPRD/ Ketua DPRD;

2.      Draft Nota Dinas yang telah diparaf koordinasi dan di tandatangani Sekretaris DPRD/ Ketua DPRD;

3

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

1.      Konsep hardcopy dan sofcopy surat oleh Kasubag pada simbol "surat dinas keluar" pada E-Office

                       Konsep hardcopy surat oleh Kasubag;

2.      Meneliti konsep surat apabila disetujui "Approve" apabila tidak     disetujui "kembali" disertai dengan revisinya

                       Meneliti konsep surat apabila disetujui dilanjut dengan paraf  koordinasi ke Kabag, apabila tidak disetujui kembali disertai dengan    revisinya;

3.      Sekretaris Dewan Meneliti dan mensetujui apabila disetujui "Approve"   apabila tidak disetujui "kembali" disertai dengan revisinya

                        Meneliti dan mensetujui apabila disetujui ditanda tangani  apabila t   tidak disetujui kembali disertai dengan revisinya;

4.                   Surat secara Online terkirim sesuai dengan alamat yang dituju

                      Surat yang telah ditanda tangani diagenda diberi nama, diberi nomer  dan distenpel untuk dikirim ke alamat yang dituju

5.                    Pengarsipan Surat

4

Jangka waktu penyelesaian

1.      Paling lambat 30 menit sejak permohonan diterima dengan benar dan lengkap.

5

Biaya/Tarif

-

6

Produk Pelayanan

Surat Keluar

7

Penanganan,Pengaduan, Saran, dan Masukan

Pengaduan, saran dan masukan dapat dilakukan dengan prosedur :

1.      Datang langsung;

2.      Telpon;

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.      Verifikasi aduan;

2.      Mediasi;

3.      Koordinasi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.      1 orang Kabag Umum;

2.      1 orang Kasubag TU;

3.      1 orang Operator E-Office;

4.      1 orang Staf Pembuat draft surat.

Sarana yang digunakan dalam penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.      Ruang Pengaduan;

2.      Pesawat telepon;

3.      Komputer;

Bagian yang mengampu penanganan aduan, saran dan masukan adalah: Bagian Umum

8

Sarana dan Prasarana, dan/  fasilitas

1. Ruang Pelayanan;

2. ATK;

3. Printer;

4. Komputer;

5. Meja;

6. Kursi;

7. Jaringan Wifi.

9

Kompetensi Pelaksana

1.      Menguasai Standar Operasional Prosedur;

2.      Memiliki pengetahuan tentang tata naskah dinas;

3.      Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

4.      Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

5.      Memiliki kemampuan kerjasama tim.

6.      Mampu mengoperasikan komputer;

7.      Memahami penggunaan Aplikasi E-Office.

10

Pengawasan Internal

1.      Sekretariat DPRD melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi (setiap bulannya) dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting;

2.      Kepala Bagian melakukan kontrol surat keluar serta melaporkan kepada Sekretaris DPRD.

11

Jumlah Pelaksana

Staf Teknis, Operator e-office (2 orang)

12

Jaminan Pelayanan

Diwujudkan dalam kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur serta didukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, trampil dan sopan santun.

13

Jaminan keamanan dan  keselamatan pelayanan

1.      Surat keluar telah diparaf/di approve kemuadian di bubuhi tanda tangan serta cap basah, sehingga dijamin keasliannya;

2.      Keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan sangat diutamakan agar surat tepat sasaran dengan waktu singkat.

14

Evaluasi Kerja Pelaksana

Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan