Wed12132017

Last updateTue, 12 Dec 2017 9am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Potensi Daerah Potensi Pertanian

Tanaman Pangan

Pembangunan pada sektor pertanian diarahkan pada upaya peningkatan mutu, produksi dan pemasaran hasil pertanian serta mengembangkan usaha tani terpadu guna memantapkan swasembada pangan, memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, meningkatkan komoditi-komoditi ekspor, komoditi bahan-bahan industri dalam negeri, meningkatkan taraf hidup petani, mendorong perluasan dan pemerataan kesempatan berusaha dan kesempatan kerja serta mendorong peran serta swasta untuk mengembangkan potensi pertanian.


Kentang

Usaha Tani Kentang di Kabupaten Banjarnegara sudah di usahakan oleh
petani sejak lama dan berlangsung secara turun-temurun. Pengusahaan
dilakukan secara modern dengan tingkat intensifikasi yang tinggi.

- Lokasi Penyebaran :

Tanaman Kentang terdapat di 4 Kecamatan antara lain Pejawaran (luas panen 3.510 Ha dengan produksi 50.400 ton), Batur (luas panen 4.564 Ha dengan produksi 74.001 ton), Wanayasa (luas panen 352 Ha dengan produksi 8.908,5 ton) dan Kalibening (luas panen 8 Ha dengan produksi 108 ton)

- Kapasitas produksi kentang Kabupaten Banjarnegara 133.417,5 ton/tahun.

- Luas panen tanaman kentang Kabupaten Banjarnegara 8.434 Ha


Jagung

Kabupaten Banjarnegara cukup Potensial dalam menghasilkan Jagung.

Jenis Jagung yang di usahakan oleh para Petani ada 2 jenis yaitu Lokal dan komposit Hibrida.

- Lokasi Penyebaran :

Jagung terdapat di 20 Kecamatan Se-Kabupaten Banjarnegara, namun Kecamatan yang memiliki produksi tertinggi adalah Kecamatan Purwonegoro (14.585 ton), Kecamatan Pagentan (13.306,40 ton), Kecamatan Pejawaran (12.901,80 ton) dan Kecamatan Wanayasa (10.897,10 ton)

- Kapasitas produksi jagung Kabupaten Banjarnegara 92.859,92 ton / tahun

- Luas panen jagung Kabupaten Banjarnegara 25.792 Ha


Salak

Buah Salak merupakan salah satu unggulan Kabupaten Banjarnegara selain Kentang.

Salak pondoh merupakan salah satu komoditi Banjarnegara yang diminati hingga luar kabupaten Banjarnegara. Sampai saat ini, pendistribusian salak pondoh dari Banjarnegara mencapai Jakarta, Sumatra, Batam, bahkan Singapura. Salak pondoh Banjarnegara rasanya manis, dagingnya tebal dan berlapis, serta ada rasa khas tersendiri. Kandungan yang dimiliki salak pondoh antara lain vitamin C, karbohidrat, protein, dan air.
Salak pondoh Banjarnegara bisa dimakan begitu saja, bisa juga diolah menjadi makanan yang lain. Makanan hasil olahan salak pondoh produksi UMKM Banjarnegara antara lain adalah: keripik salak, wajik salak, dodol salak, jenang salak, sirup salak, dan manisan salak.

Sentra perkebunan salak pondoh di Kabupaten Banjarnegara terletak di daerah kecamatan Sigaluh, kecamatan Madukara, kecamatan Banjarmangu, dan kecamatan Pagentan. Sampai saat ini, terdapat 43 kelompok tani standart eksport dan 7 kelompok UKM pengolahan hasil salak di kabupaten Banjarnegara.

Daerah kabupaten Banjarnegara mempunyai potensi dikembangkannya perkebunan salak pondoh. Sampai saat ini, terdapat kurang lebih 8.502 Ha area lahan yang digunakan untuk kebun salak di beberapa kecamatan sentra salak pondoh dengan jumlah rumpun produktif ± 12.651.800 buah. 

Lokasi Penyebaran :

Tanaman salak terdapat di 18 Kecamatan Se-Kabupaten Banjarnegara ( kecuali Kec. Rakit dan Kec. Batur), namun Kecamatan yang memiliki produksi tertinggi adalah Kecamatan Madukara (135.958,2 ton), Kecamatan Banjarmangu (26.522,3 ton), Kecamatan Pagentan (18.474,7 ton) dan Kecamatan Sigaluh (5.584,9 ton)

- Kapasitas produksi salak Kabupaten Banjarnegara 193.662,1 ton / tahun

- Jumlah tanaman yang produktif di Kabupaten Banjarnegara 12.651.800 pohon

Jenis Salak ada 2 Macam Yaitu Jenis Lokal dan Pondoh dengan perbandingan jumlah tanaman 50:50 %.
Setiap hari produk salak Banjarnegara di kirim ke Jakarta, Jawa Barat dan Surabaya.

Petani dan UKM Pengolahan Salak

UD. SEKAR TANI
Produk : Salak pondoh
Alamat : Ds.Gunung Giana Kec. Madukara  Banjarnegara
HP : 081328006165
Contact Person : Edi Sumarsono


DURI INDAH
Produk : Salak pondoh
Alamat : Ds. Sigaluh Kec. Sigaluh Banjarnegara
HP : (0286) 592043
Contact Person : Wagiman

BUAH RAJA
Produk : Salak pondoh
Alamat : Ds. Gembongan Kec. Sigaluh Banjarnegara
HP : 081226015579
Contact Person : Drs. H. Amir Abror

RINDU RASA
Produk : Manisan salak, sirup salak, keripik salak
Alamat : Ds. Gembongan Kec. Sigaluh Banjarnegara
HP : 081328333163
Contact Person : Sutriyasto

MEKAR SARI BOGA
Produk : Keripik salak, manisan salak
Alamat : Ds. Limbangan Rt. 01 Rw.01 Kec. Madukara Banjarnegara
HP : 081392193618
Contact Person : Trisila Jumantara

AZIZAH
Produk : Jenang salak
Alamat : Ds. Bantarwaru Kec. Madukara Banjarnegara
Telp. : (0286) 594543
Contact Person : Azizah

Ubi Kayu

Kabupaten Banjarnegara sangat potensial di bidang Ubi kayu.

- Lokasi Penyebaran :

Tanaman ubi kayu terdapat di 19 Kecamatan Se-Kabupaten Banjarnegara (kecuali Kec. Batur), namun Kecamatan yang memiliki produksi tertinggi adalah Kecamatan Purwonegoro (92..545 ton), Kecamatan Bawang (34.689 ton), Kecamatan Punggelan (25.984,55 ton) dan Kecamatan Mandiraja (18.260,50 ton)

- Kapasitas produksi ubi kayu Kabupaten Banjarnegara 243.296,75 ton / tahun

- Luas panen ubi kayu Kabupaten Banjarnegara 11.142 Ha

Durian


- Lokasi Penyebaran :

Tanaman Durian terdapat di 13 Kecamatan Se-Kabupaten Banjarnegara (Kec. Susukan, Pwj. Klampok, Mandiraja, Purwonegoro, Bawang, Banjarnegara, Sigaluh, Madukara, Banjarmangu, Wanadadi, Punggelan, Pagentan dan Pandanarum), dengan Kecamatan yang memiliki produksi tertinggi adalah Kecamatan Banjarmangu (7.693 kwt), Kecamatan Purwonegoro (1.537 kwt) dan Kecamatan Sigaluh (1.154 kwt).

- Kapasitas produksi durian Kabupaten Banjarnegara 15.860 kwt / tahun

- Jumlah tanaman durian yang produktif Kabupaten Banjarnegara sebanyak 24.224 pohon

PERKEBUNAN

Pembangunan pada Sub Sektor perkebunan diarahkan pada peningkatan mutu produksi dan pemasaran hasil tanaman perkebunan guna peningkatan ekspor serta memenuhi kebutuhan bahan baku industri.

Perkebunan Teh

Perkebunan teh diusahakan oleh rakyat tersebar di kecamatan:
Wanayasa
Kalibening
Pejawaran
Karang Kobar

Hasil pucuk teh tersebut ditampung oleh PT. Pagilaran di desa Jatilawang, kecamatan Wanayasa dan PT. Jatilawang Sejahtera di desa Grogol, kecamatan Pejawaran.

Perkebunan Kopi

Kabupaten Banjarnegara sangat cocok untuk tanaman kopi Arabica. Lokasi perkebunan terdapat di kecamatan:
Kalibening
Wanayasa
Karangkobar



Peternakan

Pembangunan pada sub sektor Peternakan diarahkan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak guna mencukupi kebutuhan protein hewani asal ternak bagi masyarakat, di samping itu juga ditujukan untuk menunjang peningkatan komoditi ekspor. Dalam rangka upaya peningkatan komoditi ekspor. Dalam rangka upaya peningkatan produksi dan mutu ternak telah ditempuh melalui kegiatan Inseminasi Buatan (IB) yang dilaksanakan di delapan wilayah.

Peternakan Sapi Potong


Disamping peternakan domba ,juga berkembang peternakan sapi potong.
Budaya ternak sapi potong merupakan salah satu usaha sampingan para petani.

- Lokasi penyebaran sapi potong terdapat di seluruh Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, dengan tingkat populasi ternak sapi potong tertinggi di Kec. Wanayasa 8.047 ekor, Kec. Kalibening 5.593 ekor, Kec. Karangkobar 4.678 ekor dan Kec. Bawang 3.188 ekor

- Total populasi ternak sapi potong di Kabupaten Banjarnegara 40.426 ekor, dengan didukung oleh 21.782 Ha pengahasil hijauan makanan ternak (HMT) dan 40.237 Ha limbah pertanian.

Peternakan Domba

Potensi Usaha pengembangan peternakan di Kabupaten Banjarnegara adalah ternak Domba dan sapi potong.
Keistimewaan jenis ternak Domba adalah cepat gemuk.

- Lokasi penyebaran domba terdapat di seluruh Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, dengan tingkat populasi ternak domba tertinggi di Kec. Wanayasa 20.904 ekor, Kec. Batur 17.349 ekor dan Kec. Pejawaran 16.033 ekor, yang didominasi oleh Domba Batur.

- Total populasi ternak domba di Kabupaten Banjarnegara 107.272 ekor.



Kambing

- Lokasi penyebaran kambing terdapat di seluruh Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, dengan tingkat populasi ternak kambing tertinggi di Kec. Wanayasa 22.758 ekor, Kec. Pagentan 17.203 ekor dan Kec. Karangkobar 14.628 ekordan Kec. Punggelan 14.056 ekor.

- Total populasi ternak kambing di Kabupaten Banjarnegara 178.879 ekor.



Kabupaten Banjarnegara sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu sentra perikanan air tawar. Dari Sub sektor perikanan telah mampu menghasilkan produk perikanan yang cukup  berkualitas baik benih ikan ataupun ikan konsumsi. Dengan pengairan yang lancer ditambah dengan adanya Bendungan Panglima Besar Sudirman perkembangan usaha perikanan semakin maju pesat. Meski tidak mengandalkan debit air bendungan tersebut, tapi juga adanya peresapan (sumber air) yang mengalir terus sehingga musim kemarau tidak berpengaruh sekali dalam pembudidayaan usaha perikanan air tawar.

Jenis usaha perikanan yang menjadi andalan ialah :

1. Ikan Gurameh,

Jenis ini mempunyai rasa yang enak dan cocok untuk  lidah semua orang tanpa kecuali, juga mempunyai harga jual yang stabil serta kecenderungan untuk naik. Jenis ikan ini sangat diminati masyarakat baik untuk konsumsi sehari-hari maupun untuk dinikmati pada acara-acara/perayaan tertentu dan ikan gurami juga dapat di jumpai dirumah makan/restaurant.Komoditi unggulan ini merupakan agro bisnis yang memiliki angka pasar luas dan potensial. Usaha perikanan di Kabupaten Banjarnegara lokasinya hampir merata diseluruh daerah, antara lain di Kecamatan Purworejo Klampok, Mandiraja, Purwonegoro, Bawang Banjarnegara, Sigaluh dan Madukara.

Hasil produksi  500 ton/ tahun untuk ikan konsumsi,  sedang untuk ikan pembibitan  29.500.000 ekor / tahun

2.  Ikan Tawes.

Jenis ikan ini berada di Kecamatan Purwonegoro dan Mandiraja,

Dengan Produksi bibit 5.500.000 ekor / tahun.

3.  Ikan Lele Dumbo.


Ikan Lele Dumbo banyak ditemui di Kecamatan Purworejo Klampok, Mandiraja, Purwonegoro, Banjarnegara, Bawang, Madukara, Wanadadi, Rakit dan Punggelan.

Dengan hasil produksi bibit 5.500.000 ekor / tahun.

4. Lobster

Lokasi budidaya lobster berada di Kecamatan Purwonegoro,Bawang dan Rakit dengan luas lahan tersedia 30.000.000 m² , usaha berupa pembibitan dan pembesaran lobster dengan kapasitas produksi 2 ton/tahun

Keunggulan

Faktor kemudahan :
1. Jalur Propinsi
2. listrik
3. Air Bersih
4. Peternak Trampil
5. Lahan yang dapat di gunakan/di sewa.






Sumber : DIPERTAN Banjarnegara ( update maret 2011 )

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan