BANJARNEGARA – Pemkab Banjarnegara melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara meluncurkan inovasi E Parkir Transaksi Non Tunai Host to Host. Secara resmi, launching inovasi ini dilakukan oleh Sekda Banjarnegara Drs Indarto M. Si di Sasana Bhakti Praja, Kamis 21 Oktober 2021.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara, M. Iqbal SE, mengatakan, inovasi atau aplikasi E-Parkir merupakan bentuk kerjasama antara Pemkab melalui Dinas Perhubungan dengan Bank Jateng Cabang Banjarnegara
“Sudah saatnya Dinas Perhubungan menerapkan E-Parkir sebagai wujud pelayanan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, serta memberikan rasa keadilan bagi masyarakat penerima manfaat jasa parkir. Harapannya adalah optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor retribusi parkir dapat meningkat dari tahun ke tahun sebagai dukungan terhadap pembangunan daerah dan masyarakat Banjarnegara,†kata M. Iqbal.
Tujuan inovasi ini, katanya, adalah untuk mendorong masyarakat menggunakan ruang parkir secara bijak, optimalisasi pendapatan asli daerah, meminimalisir potensi pungutan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, serta meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.
Sementara itu Sekda Banjarnegara Drs Indarto M.Si atas nama Pemerintah Kabupaten Banjarengara menyambut baik atas diwujudkannya inovasi tersebut. Menurutnya, tugas selanjutnya adalah untuk menjalin hubungan yang erat antara petugas parkir, pengelola parkir, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Banjarnegara dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara, sekaligus pada saat sosialisasi nanti agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan petugas parkir dan pengelola parkir, guna memperoleh informasi, masukan dan permasalahan yang dihadapi, demi penyempurnaan kebijakan Pemerintah Daerah di masa yang akan datang.
“Kepada Dinas Perhubungan dan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Banjarnegara, saya mengucapkan terima kasih atas terwujudnya pembangunan aplikasi sehingga Launching dan Sosialisasi E-Parkir ini dapat terselenggara dengan baik. Dengan penerapan e-parkir adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan parkir dan memberi rasa keadilan bagi masyarakat pengguna jasa parkir,†katanya,
Sekda juga meminta agar forum sosialisasi tersebut dimanfaatkan se-optimal mungkin sebagai sarana musyawarah antar pihak terkait, khususnya petugas parkir dengan pengelola parkir. Dialog atau rembugan semacam ini merupakan salah satu bagian dari konsep gotong-royong yang manfaatnya sangat besar untuk memperoleh kesepakatan dan solusi permasalahan secara bersama-sama. Untuk itu, saya harap masukan dari Saudara-saudara, sehingga permasalahan parkir dapat dikoordinasikan dengan para pemangku kepentingan terkait dan diselesaikan dengan baik.
“Keberadaan petugas parkir berperan penting dan dirasakan sekali manfaatnya dalam memberikan kelancaran, kenyamanan dan keamanan berlalu lintas. Tidak hanya mendukung kelancaran lalu lintas saja, tetapi dengan tertibnya para petugas parkir akan mampu menambah citra daerah melalui pelayanan yang maksimal, dan pembayaran retribusi parkir yang optimal bagi penambahan pendapatan asli daerah dalam mendukung pembangunan Kabupaten Banjarnegara,†pungkasnya.
0 Komentar